Responsive Ad Slot

Entri yang Diunggulkan

Info : Cara Menjadi Pemandu Wisata Yang Baik

Ingin menjadi Pemandu Wisata yang berhasil. , Bekerja di  dalam ruangan, dan duduk berhadapan dengan meja serta tumpukan buku atau pun ber...

Ads Slot

Info : Tips Bisnis Laundry

Sabtu, 13 Februari 2016

Usaha laundry termasuk juga satu diantara jenis usaha usaha yang ketika ini banyak jadikan pilihan oleh calon wiraswastawan. Usaha ni berkembang demikian cepat, terutama di lokasi perkotaan yang penduduknya lebih dinamis. Hal ini menjadikan banyak orang di kota yang tidak pernah lagi mengurus kebutuhan mereka membersihkan pakaian. 

Keadaan berikut yang kemudian jadikan sebuah peluang usaha oleh sebagian orang. Mereka tawarkan layanan usaha laundry, sehingga mereka yang membutuhkan layanan service pencucian baju mampu tercukupi kebutuhannya. Apalagi, secara umum banyak masyarakat yang tinggal di kota merasa kesusahan dalam merampungkan problem pencucian baju ini. 

Ada beberapa hal yang menjadi pemicunya. Seperti problem waktu yang tidak banyak alasannya yaitu tersita untuk merampungkan problem kantor. Selain itu, semakin sulitnya ketersediaan air bersih di lokasi kota, menjadikan banyak orang yang merasa malas untuk membersihkan baju mereka dengan air yang kurang bersih. tersedianya ladang pun sering menjadi problem ketika mereka akan menjemur baju. Pun, tingginya angka pencemaran udara seringkali menjadikan baju yang dijemur pun sering terserang efek polusi tersebut. 

Berikut kenapa banyak orang yang tinggal di kota lebih pilih menyerahkan problem pencucian baju mereka pada usaha laundry. Sebab, selain lebih praktis & bersih, dengan membersihkan baju di laundry, maka mampu lebih menghemat alasannya yaitu tidak perlu membayar tenaga pembantu rumah tangga untuk mencucikan baju mereka. 

Satu diantara peluang lain yang mampu didapat dengan membuka usaha laundry yaitu para mahasiswa. Terlebih apabila kita membuka usaha laundry ini di lokasi yang padat oleh mahasiswa yang berasal dari perantauan & hidup ditempat kost. Mereka merupakan market share mungkin yang mampu dikerjakan sekarang ini. 

Hal ini terkait dengan pola hidup mahasiswa pada sekarang ini yang cenderung malas merepotkan diri dengan problem membersihkan baju mereka. Selain alasannya yaitu dianggap tidak praktis, kehidupan universitas pada sekarang ini pun cukup mengambil alih waktu para mahasiswa sehingga mereka sering tidak pernah untuk membersihkan baju & pilih menyerahkannya ke layanan laundry.

Tips Usaha Laundry

Dengan keadaan ini, peluang yang terbuka bagi mereka yang ingin membuka usaha laundry cukup besar. Apalagi modal yang dibutuhkan untuk membuka sebuah tempat usaha laundry tidak terlalu besar. Dengan beberapa tips yang tepat, sangkanya pilihan untuk membuka sebuah usaha laundry mampu membawa keuntungan yang cukup menjanjikan. 

Ada beberapa hal yang harus di perhatikan dalam membuka sebuah usaha laundry. Salah satunya yaitu : 
  • Penentuan tempat memastikan sebuah proses kesuksesan usaha ini. Lebik baik pilih tempat usaha laundry ini di lokasi yang padat penghuni, terlebih penghuni yang tidak menetap menyerupai lokasi kost-kost mahasiswa. 
  • Promosi. Promosi ini dibutuhkan biar konsumen tahu kalau ada sebuah usaha laundry ditempat tersebut. Akan lebik baik apabila promosi ini dapat menarik perhatian konsumen atau eye catching. 
  • Sebuah usaha laundry yang paling diprioritaskan oleh konsumen yaitu keharuman baju yang dicuci. Oleh alasannya yaitu itu, jangan pelit dalam menaburkan pengharum baju, tetapi harus tetaplah memerhatikan biaya produksi. 
  • Jangan mengumbar janji. Jangan pernah mengatakan komitmen pada konsumen ihwal berapakah lama penyelesaian sebuah cucian, apabila kita tidak dapat merampungkan sempurna waktu. Sebab hal semacam itu akan mengundang kekecewaan konsumen. 
  • Berikanlah service antar jemput untuk lokasi tertentu. Hal ini untuk memfasilitasi pelanggan yang tidak mempunyai waktu untuk datang ke tempat cucian untuk mengantar atau mengambil cucian mereka.

Peluang Usaha Laundry

Semua bisinis bahwasanya muncul dari kebutuhan konsumen. Misalnya semakin banyak alat transportasi sepeda motor, maka semakin menjamur usaha usaha bengkel sepeda motor. Demikian juga pesatnya usaha laundry alasannya yaitu ada kebutuhan masyarakat akan baju bersih tanpa kuras waktu & tenaga. 

Selain itu, di lokasi kost-kostan menyerupai pada lingkungan universitas, juga menjamur usaha udaha laundry ini. Mereka yang jauh dari orangtua & minimnya peralatan dirumah yang menjadi tempat kost, menjadi alternatif buat mereka menggunakan layanan usaha laundry untuk kepentingan baju bersih. 

Target pasar dari usaha usaha laundry ini sekitar pada masyarakat yang repot bekerja yang memiliki kegiatan pergi pagi pulang malam atau mahasiswa yang tinggal di kost-kostan. Selain itu, ada pula apartemen-apartemen elegan yang menyimpan para administrator muda yang repot yang sudah pasti juga membutuhkan layanan usaha ini. Bisa juga disuatu rumah tangga yang ditinggal pembantunya yang sedang libur pulang kampung.

Usaha Laundry Kiloan

Pada usaha ini, sudah tentu produk-produknya sekitar pada kain-kainan. Barang paling banyak untuk usaha laundry kiloan ini yaitu baju yang digunakan keseharian, menyerupai baju, kaos, baju dalam, & semacamnya. 

Pada usaha laundry kiloan skala kecil tidak sering terima order barang yang membutuhkan perlakuan khusus. Misalnya gaun, boneka, kain sutera, jas dan barang yang lain yang harus memakai tehnologi dry cleaning. 

Supaya dapat memuaskan konsumen, pelanggan menjadi hal paling utama yang harus di perhatikan. Jika konsumen senang, maka mereka akan datang kembali & menggunakan layanan usaha ini kembali. Faktor dari kenikmatan pelanggan yaitu memiliki peluang buat mereka memberi iklan gratis atau promosi pada rekan-rekannya. Hal ini dilakukan biar pilih layanan laundry yang mereka gunakan, sehingga menjadi suatu hal hal yang faktual bagi ke dua iris pihak. 

Dalam memastikan harga usahaini, diliat dari persaingan usaha dengan usaha laundry yang lain. Biasanya mereka melaksanakan kegiatan promosi dari mulai hal kwalitas, system antar jemput sampai murahnya harga. 

Dalam soal kwalitas, misalnya memberi service layanan yang hasil baju yang di basuh atau laundry tidak terserang luntur & bersih menyerupai baru. Bisa dengan juga memiliki formula khusus untuk menhilangkan noda. Program-program dalam usaha ini dapat sesuai sesuai dengan kawasan tempat usaha tersebut.

Modal Usaha Laundry 

Modal intinya yaitu peralatan pendukung untuk membersihkan, yang antara lain misalnya mesin cuci, setrika, hanger, jemuran, & mesin pengering khusus. Ada pula peralatan lain menyerupai timbangan baju, keranjang, tas plastik, nota, pewangi, deterjen, pemutih, & sebagainya. 

Pertimbangan pilih peralatan pendukung juga menjadi hal yang dikonsentrasikan. Misalnya hasil cucian dari mesin basuh yang sudah dibeli menyerupai apa & garansi dari mesin basuh tersebut. Pertimbangan-pertimbangan ini meminimalisasikan modal & nilai penyusutan dari beberapa barang yang sudah diambil. 

Sebagai analisis modal awal dari pembukaan usaha ini dapat diberikan sedikit teladan tips perhitungan modal untuk usaha laundry dengan skala yang terhitung tidak besar & tidak kecil.

Modal Awal 

Peralatan : 
  • Mesin Cuci 5 Buah Rp. 10. 000. 000, - 
  • Setrika Listrik 2 Buah Rp. 500. 000, - 
  • Peralatan lain-lain Rp. 500. 000, - 
  • Jumlah Rp. 11. 000. 000, - 
Peralatan ini mengalami penyusutan dalam waktu lebih kurang empat tahun & memiliki residu sejumlah Rp. 1. 500, -. Ini dengan menggunakan cara penyusutan garis lurus. Biaya untuk penyusutan pertahun yaitu (Rp. 11. 000. 000, - dikurangi Rp. 1. 500. 000, -) dibagi 4 yang kesudahannya yaitu Rp. 2. 749. 635., - per tahun atau sama dengan Rp. 229. 200, - per bulan. 

Perkiraan Keuntungan/Rugi Per Bulan

70 Kg/hari X Rp. 5. 000, -/Kg X 30 hari Rp. 10. 500. 000, -

Biaya-Biaya 
  • Penyusutan peralatan Rp. 229. 200, - 
  • Sewa tempat Rp. 1. 000. 000, - 
  • Gaji karyawan 2 x Rp. 750. 000, - Rp. 1. 500. 000, - 
  • Faktur, kuitansi, plastik & timbangan Rp. 2. 000. 000, - 
  • Listrik & telephone Rp. 1. 000. 000, - 
  • Transportasi Rp. 500. 000, - 
  • Deterjen & pewangi Rp. 500. 000, - 
  • Maintencane peralatan Rp. 500. 000, - 
  •  Biaya lain-lain Rp. 500. 000, - 
  •  Jumlah Rp. 7. 729. 200, - 
Keuntungan Bersih 

Rp 10. 500. 000 - Rp. 7. 729. 200 = Rp. 2. 770. 800, - 

Perkiraan Modal Kembali 

Rp. 11. 000. 000 : Rp. 2. 770. 800 = ± 3, 9 bulan

Strategi Usaha Usaha Laundry

Berikut ada beberapa taktik usaha usaha laundry yang dapat menjadi patokan dalam menjalankan usaha ini, yang antara lain :
  1. Prediksikan harga pasaran yang akan dibebankan pada pelanggan.
  2. Survey beberapa tempat usaha laundry di lingkungan setempat sebagai materi perbandingan. 
  3. Beli peralatan yang dibutuhkan. 
  4. Sebagai tahap awal, mencari pelanggan dari lingkungan sekitarnya. Milikilah kelebihan service dari pada usaha-usaha laundry di sekitar lingkungan. 
  5. Pekerjakan satu sampai dua orang karyawan yang membantu manajemen & proses pencucian. 
  6. Jagalah ketepatan waktu sesuai dari pesanan atau komitmen pada pelanggan.
  7. Tekuni tehnik membersihkan biar baju tidak kusam & luntur. cent Search Term : analisa bisnis laundry kiloan bisnis basuh laundry bisnis jasa laundry kiloan bisnis laundry helm bisnis laundry kiloan franchise bisnis laundry pemula bisnis plan laundry ebook bisnis laundry estimasi bisnis laundry laba bisnis laundry omset bisnis laundry kiloan tips bisnis laundry rumahan

Latest