Responsive Ad Slot

Entri yang Diunggulkan

Info : Cara Menjadi Pemandu Wisata Yang Baik

Ingin menjadi Pemandu Wisata yang berhasil. , Bekerja di  dalam ruangan, dan duduk berhadapan dengan meja serta tumpukan buku atau pun ber...

Ads Slot

Info : Bisnis Usaha Toko Bangunan yang Menguntungkan

Jumat, 12 Februari 2016

Bisnis toko bangunan ketika ini semakin hidup & terus jalan. Hidup itu pun terus jalan. Kebutuhan & biaya hidup pun semakin tinggi. Mencari nafkah & mengais rejeki di muka bumi pun seakan menjadi arena pertandingan. Sedang sulit mencari pekerjaan atau resah pikirkan usaha yang cocok untuk masa depan selepas jadi karyawan? Kenapa tidak mencoba melaksanakan bisnis materi bangunan atau usaha toko bangunan? 

Seperti yang kita kenali, kebutuhan pokok orang ialah sandang, pangan, & papan. Membuka toko bangunan tidak gantinya meniti usaha toko sembako atau kios baju. Bedanya, rotasi kebutuhan orang akan sembako lebih cepat dari pada kebutuhan orang akan materi bangunan. 

Namun, bukan berarti membuka bisnis toko bangunan tidak memberi penghasilan. Tujuan pemasaran & konsumen toko bangunan bekerjsama cukup luas, dari rumah tangga biasa hingga developer tempat kompleks perumahan yang sedang giat melaksanakan pembangunan atau para kontraktor yang sedang mengadakan proyek pembangunan, baik itu gedung perbelanjaan, sekolah, jalan tol atau proyek yang lain. 

Selain pembangunan tempat tinggal, gedung, perkantoran, pergudangan, & beragam jenis bangunan, orang tentu selalu memerlukan materi bangunan untuk perbaikan tempat tinggal yang dihuninya. Semen, pasir, & kapur diharapkan untuk tutup dinding berlubang. Keramik retak yang perlu diperbarui, genteng pecah yang harus ditukar, & kayu kusen yang perlu direnovasi, ialah sumber penghasilan bagi para pengusaha toko bangunan. 

Tidak hanya itu, toko bangunan juga sediakan kran air, pipa paralon, engsel, & kunci sehingga tidak perlu cemas barang yang di jual di toko sepi konsumen. Hanya saja ibarat usaha perdagangan lain, usaha toko bangunan juga perlu memperhitungkan segi tertentu, panduan, & trik, semoga dapat bertahan dalam kerasnya persaingan dunia usaha.

Memulai Bisnis Toko Bangunan

Berikut ialah beberapa hal yang dapat jadikan pertimbangan dalam meniti usaha toko materi bangunan. 

1. Tempat yang Strategis 

Apabila para pelajar miliki motto " tempat memastikan prestasi dalam ujian ", begitu juga halnya dengan dunia usaha & layanan. Satu diantara hal yang menjadi pertimbangan konsumen untuk membeli barang atau memakai layanan satu agen layanan ialah tempat yang mudah dibuka. Tempat strategis bukan hanya dilihat dari letaknya yang mudah dikunjungi, tetapi juga kenyamanan pelanggan untuk parkir kendaraan. 

Toko di pinggir jalan raya dengan ladang parkirnya terbatas atau membuat pelanggan jalan kaki agak jauh sebab tempat parkir yang ditetapkan tentu kurangi kenyamanan mereka. Selain itu, perlu dilihat juga keadaan lingkungan di sekitar toko bangunan. Pemukiman padat masyarakat & lokasi perumahan yang sedang di bangkit ialah tempat yang sangat memastikan bagi tingkat prosentase terjualnya barang dagangan & masa depan toko materi bangunan. 

2. Promosi 

Seperti halnya menjual barang gres pada konsumen, pemakaian layanan iklan sangat diharapkan dalam soal membuka usaha, mengenalkan tempat toko, & unit dagang harus hukumnya. Apabila biaya menempatkan iklan atau mengadakan program open house dengan menebar undangan menghadiri jamuan makan di program pembukaan toko dianggap terlalu tinggi, menebarkan brosur dibarengi promo beberapa barang “beli 2 gratis satu” sudah cukup untuk menarik minat konsumen. 

Selain itu, merchandise berbentuk kaos, jam, mug, gantungan kunci, & kalender sebagai hadiah eksklusif dengan sejumlah pembelian tertentu juga membantu promosi secara tidak langsung. Dalam perubahannya, mampu diselenggarakan hadiah undian dari kupon berbelanja yang diberikan sesuai syarat & ketetapan. Hal ini tidak cuma menarik minat konsumen untuk mengambil keputusan belanja di toko yang sama, tetapi juga membantu promosi dari verbal ke mulut.

3. Melakukan Survey Pasar 

Apabila dunia politik mengetahui jajak pendapat untuk tahu persyaratan calon presiden atau anggota legislatif pilihan masyarakat, begitu juga halnya dengan jalannya usaha. Calon pelaku bisnis toko materi bangunan harus dapat tahu barang apa yang sedang diharapkan masyarakat di sekitar toko. 

Misalnya tempat pemukiman padat masyarakat dengan umur tempat tinggal diatas dua puluh tahun tentu banyak memerlukan kusen pintu & jendela, daun pintu hingga kayu penopang atap (saat ini banyak di jual galvalum sebagai pengganti kayu) yang sudah waktunya ditukar sedang tempat perumahan yang sedang giat melaksanakan pembangunan, kebutuhan akan pasir, semen, kapur, keramik tentu lebih tinggi di banding tempat perumahan biasanya. 

Musim atau peristiwa istimewa juga merubah daya beli konsumen. Musim penghujan misalnya membuat masyarakat mulai mengecek kondisi genting tempat tinggal & talang air. Toko bangunan harus tanggap untuk sediakan beberapa produk ini sempurna pada waktunya. Mendekati lebaran, sebagian besar orang memikirkan untuk membuat rupawan tempat tinggal, ganti cat dinding atau kayu kusen, pasti seruan cat & kuas akan melonjak dibanding hari biasa. 

4. Service & After Sales Service 

Begitu pun besar potongan harga yang diberikan atau seberapa gencar promosi yang dilakukan, semuanya kurang berarti di mata konsumen apabila service yang diberikan kurang memuaskan. Konsumen akan merasa dihargai apabila selama terjadi transaksi mereka dilayani dengan ramah, & di perhatikan apa yang menjadi cita-cita atau kebutuhan mereka. Menjadikan konsumen sebagai raja sebab kenikmatan merekalah kunci kesuksesan toko bangunan sang pengusaha.

Tentukan jam buka & jam tutup toko semoga selalu sempurna waktu setiap harinya sehingga tidak membuat pelanggan merasa kecewa. Ketepatan kesepakatan ketika kirim materi yang dipesan oleh pelanggan juga harus di perhatikan. 

Tentang after sales service, tidak ada ruginya juga apabila toko bangunan memperhatikan after sales service & mempunyai data base pelanggan. Kirim perkataan selamat lagi tahun dengan penawaran kupon potongan harga bagi pelanggan setia akan membuat sang pelanggan merasa istimewa & loyalitasnya pasti terbangun. Selain itu, pelanggan yang senang atas service yang diberikan, tanpa diakui membantu menjadi akomodasi promosi sendiri melewati narasi dari verbal ke mulut. 

5. Sediakan Bermacam Kwalitas & Kuantitas 

Konsumen merasa suka apabila berkunjung ke toko materi bangunan yang lengkap sehingga mereka mampu pilih barang sesuai dengan kekuatan beli & kebutuhan. Pastikan untuk selalu jujur pada pelanggan. Ada saatnya toko materi bangunan kurang jujur dalam memberi berita kwalitas barang yang di jualnya. Apabila barang yang di jualnya ialah barang KW 2 (kwalitas nomer dua), harga nya pasti lebih rendah dibanding barang KW 1 atau kwalitas paling utama. 

Konsumen juga sering memperhitungkan merk tertentu dalam memastikan pilihan. Selain itu, beberapa produk tertentu juga baiknya ada dalam beragam ukuran, misalnya pipa paralon, talang air berdasar pada diameternya, besar kecilnya keran air, & jenis paku yang di jual. Semakin lengkap ukuran yang ada, akan mempermudah pelanggan menemukan barang sesuai kebutuhan. 

6. Tempat Penyimpanan 

Pastikan tempat menaruh barang yang akan di jual memenuhi kriteria. Hal ini ada hubungannya dengan kwalitas bahan. Tempat yang lembab akan menjadikan paku mudah berkarat & lantai berair mungkin mampu membuat semen menjadi beku sehingga tidak laris di jual. 

7. Rotasi Modal 

Kendala paling utama pelaku bisnis ialah modal. Apabila modal kerja sangat terbatas, pelaku bisnis tidak perlu memaksakan diri menjual barang dengan kesepakatan pembayaran jatuh tempo. Lebik baik memakai motto " ada duit ada barang " dari pada kebingungan memutar modal. Terkecuali apabila supplier toko materi bangunan juga mengambil keputusan pembayaran jatuh tempo, toko materi bangunan dapat tawarkan hal yang sama pada konsumen satu tingkat developer perumahan atau kontraktor proyek pembangunan. 

Hal terakhir tetapi bukan berarti tidak penting, pelaku bisnis toko materi bangunan juga baiknya kuasai bidang yang dijadikannya sebagai mata pencaharian. Tidak cuma mencar ilmu ihwal administrasi usaha, pelajari keadaan materi yang di jual & memperoleh berita dimana menemukan supplier materi berkualitas (misalnya pasir, kerikil kali paling baik dapat diketemukan di tempat tertentu) pasti membantu meningkatkan usaha toko bangunan. 

Semoga berguna!
Recent Search Term : analisa bisnis toko materi bangunan bisnis plan toko bangunan bisnis toko alat bangunan cara memulai bisnis toko materi bangunan teladan tawaran bisnis toko bangunan membuka bisnis toko bangunan usaha toko bangunan modal kecil

Latest