Responsive Ad Slot

Entri yang Diunggulkan

Info : Cara Menjadi Pemandu Wisata Yang Baik

Ingin menjadi Pemandu Wisata yang berhasil. , Bekerja di  dalam ruangan, dan duduk berhadapan dengan meja serta tumpukan buku atau pun ber...

Ads Slot

Info : Tips Beternak Bebek atau Itik

Rabu, 02 Desember 2015

Selain daging, banyak juga orang yang ingin beternak angsa atau itik untuk di ambil telurnya. Khusus untuk peternak bebek yang ingin mengambil telur sebagai hasil intinya ada segala teknik sendiri yang harus diaplikasikan. Segala teknik tersebut mencakup kemudahan untuk tempat peternakan atau kandang, penentuan bibit, pemiliharaan & proses panen dan pemasaran.

Fasilitas Kandang & Penentuan Lokasinya 

Kandang angsa petelur yang baik harus mampu memenuhi beberapa syarat. Yang pertama yakni suhu udaranya, harus lebih dari 35 derajat tetapi tidak mampu diatas 40 derajat celcius. Walau kandangnya dalam situasi yang lembab, tetapi tingkat kelembabannya harus kurang dari 60%. 
Selain itu sangkar tersebut harus dilengkapi dengan sarana penerangan yang cukup, dengan tujuan agar peternak lebih mudah melaksanakan pengaturan lagi pada sangkar tersebut. Sebaiknya sarana penerangan ini dipasang di setiap pojok ruangan atau kandang. 

Bahan yang digunakan untuk membuat kandangnya tidak perlu yang mahal-mahal. Yang paling penting ialah dapat dipakai dalam periode waktu yang lama & abadi untuk menghindari terjadinya pemborosan. & yang tidak mampu dilupakan, harus disiapkan juga perlengkapan lain yakni tempat guna menyimpan makanan & minuman yang diatur sedemikian rupa sehingga tidak membuat sangkar menjadi cepat kotor. 

Untuk tempatnya, yang paling cocok untuk beternak angsa atau itik ialah kawasan yang jauh dari pemukiman masyarakat & semakin mengagumkan lagi terdapat di pinggiran sungai. Maksudnya agar lebih mudah membersihkan sangkar alasannya persediaan airnya cukup melimpah. Selain itu sungai tersebut dapat digunakan untuk beternak angsa alasannya binatang ini suka berenang di air. 

Selain duduk perkara kesehatan, kompleks peternakan angsa atau itik yang jauh dari pemukiman juga mampu menghasilkan situasi yang lebih tenang, sehingga angsa ataupun itik yang diternak tidak mudah mengalami strss. Dengan ada ditempat sepi, maka hasil panen telurnya mampu semakin banyak.

Tehnik Penentuan Bibit Bebek atau Itik

Bukan hanya sangkar saja, ketika beternak angsa atau itik juga harus dapat pilih bibit yang unggul, agar telur yang dihasilkan mempunyai kwalitas yang semakin mengagumkan & mempunyai ukuran yang semakin besar. Ada beberapa cara untuk pilih bibit angsa atau itik dengan kwalitas sempurna. 

Pertama ialah pilih telur angsa atau itik khusus untuk pembibitan kwalitas nomer satu, kemudian ditetaskan pada indukan ayam. Karena angsa & itik tidak pernah ingin mengerami telurnya sendiri. 

Cara ke dua, pelihara itik unggulan kemudian di ambil telurnya & ditetaskan dengan cara yang sama. Tehnik pertama mempunyai kelebihan memerlukan waktu yang lebih singkat namun tidak mampu tahu kwalitas bibitnya secara pasti. Sementara tehnik ke dua mempunyai keunggulan mampu tahu secara pribadi kwalitas induknya tetapi membutuhkan waktu lebih lama. 

Sedang cara ketiga yakni membeli bakalan atau starter yang gres menetas sehari hingga satu 1/2 bulan. Bebek bakalan ini lebih populer dengan sebutan DOD. Ciri DOD yang berkwalitas unggul ialah tidak mempunyai cacat pada episode badannya & bulunya mempunyai warna kuning cerah dan mengkilap.

Tehnik Perawatan

Tehnik perawatan dalam beternak angsa mampu dibedakan menjadi dua jenis. Yang pertama ialah perawatan bibit. Misalnya setelah memperoleh bibit bakalan atau DOD, harus secepat-cepatnya dimasukan & dirawat dalam kandang. 

Dalam setiap satu mtr. persegi kandang, bibit yang mampu dimasukan tidak mampu lebih dari 50 ekor. Pemberian pakannya harus sesuai dengan usia angsa terebut. & yang tidak mampu dilupakan, harus rajin memberi mineral & vitamin yang dimasukan di air minum. Maksudnya agar angsa atau itik tersebut mempunyai ketahanan & kesehatan yang lebih tepat dan tidak muda terserang serangan penyakit. 

Tehnik perawatan ke dua ditujukan pada calon indukan. Calon indukan angsa petelur ini ada dua jenis. Mengenai jenis pertama ialah induk yang hasil panen telurnya akan di jual ataupun dikonsumsi. Sedang yang ke dua induk yang telurnya dipakai untuk tetasan. 

Untuk induk yang telurnya dipakai sebagai tetasan, maka harus sediakan pejantannya. Setiap satu pejantan mampu digunakan untuk mengawini enam ekor angsa betina. Sedang untuk tehnik perawatannya sendiri, seluruhnya memakai tehnik yang sama. Tetapi yang terutama yaitu, harus ditetapkan lebih dahulu, apakah induk tersebut akan di ambil telurnya untuk di jual & dikonsumsi atau ditetaskan.

Pemeliharaan & Pemberian Pakan

Hal-hal lain yang harus di perhatikan dalam beternak angsa atau itik ialah tehnik pemeliharaan & tunjangan pakan. Satu diantaranya ialah sangkar harus selalu dibersihkan. Kandang yang kotor mampu menimbulkan virus penyakit. Apabila ini terjadi akan menjadikan biaya pengeluaran jadi membengkak alasannya harus membeli obat & tehnik pengobatan yang lain. 

Kemudian untuk menghindari ada serangan penyakit, selain melindungi kebersihan sangkar peternak juga harus rajin berkonsultasi dengan dokter hewan terlebih dikala ada angsa yang sudah terlanjur sakit. Maksudnya agar penyakit tersebut tidak dapat menyerang bebek-bebek yang lain. Bahkan apabila perlu angsa yang sakit tersebut dipisahkan ditempat sendiri hingga sembuh. 

Untuk tunjangan makanannya, dalam beternak angsa biasanya dibedakan menjadi tiga jenis sesuai dengan fase pertumbuhannya. Dari mulai starter atau fase permulaan, grower atau masa pertumbuhan & yang paling tamat ialah monitor. 

Untuk fase permulaan atau starter, usianya sekitar antara sehari hingga dua ahad mulai semenjak menetas. Makanannya harus dikasihkan dalam wadah yang rata atau tray. Setelah dua ahad makanan mampu ditaburkan di lantai kandang, tetapi sebagian terus dikasihkan dalam wadah. Setelah itu dikala mencapai umur tiga ahad hingga satu bulan seluruhnya makanan sudah mampu diletakan di lantai. 

Setelah angsa masuk umur dua bulan, angsa mulai diberi makanan buatan agar memperoleh pasokan nutrisi yang lebih lengkap. Karena pada fase inilah angsa tersebut sudah mulai dapat menghasilkan telur. 

Kemudian untuk air minumnya harus mulai di beri kombinasi mineral & vitamin mulai semenjak angsa berumur dibawah 1 minggu. Sebagai tahap permulaan, air minum ini diletakkan di episode tepi kandang. 

Setelah usianya mencapai satu bulan, harus dibuatkan tempat khusus untuk air minum yang ukuran panjangnya sekitar dua mtr. bagi 200 hingga 300 ekor angsa dalam setiap kandang. Air minum yang sudah di beri kombinasi mineral & vitamin ini harus selalu ada setiap waktu.

Proses Panen & Tehnik Pemasaran Telur

Langkah beternak angsa setelah itu ialah hadapi masa bertelur. Perlu di ketahui, biasanya angsa akan bertelur pada waktu tengah malam atau dini hari. Misalnya apabila angsa tersebut bertelur pada jam empat pagi, maka di pastikan ia tidak akan keluarkan telur lagi, sehingga mampu dikeluarkan dari kandangnya. Setelah itu telur-telur tersebut dapat di ambil atau dipanen. 

Telur-telur tersebut harus segera di ambil secepat-cepatnya, alasannya apabila mengalami keterlambatan jadi mudah membusuk. Wadah telurnya sendiri harus di buat cekung & berbentuk keranjang sehingga tidak mudah jatuh. Sebaiknya begitu dipanen pribadi di pasarkan. 

Tetapi apabila ingin diawetkan, hasil panen dari beternak angsa ini mampu dimasak menjadi telur asin, sehingga mempunyai nilai jual yang lebih tinggi. Selama ini banyak rumah makan tradisional yang selalu bersedia menyimpan telur asin kemudian di jual lagi pada pelanggannya. 

Selain itu banyak pasar tradisional atau moderen yang juga bersedia menyimpan hasil olahan telur asin tersebut. Kaprikornus mampu disebutkan untuk pemasarannya tidak pernah mengalami duduk perkara yang cukup berarti. Bahkan selama ini banyak penjual telur angsa yang kurang memperoleh pasokan dari para peternak. 

Dari sini dapat di ambil rangkuman bahwa beternak angsa itu merupakan satu diantara peluang bisnis yang sangat prospektif. Tetapi sudah pasti harus dibarengi dengan kerja keras, telaten & tidak mudah menyerah.
Recent Search Term : beternak angsa alabio pedaging beternak angsa darat petelur beternak angsa hibrida beternak angsa pedaging beternak angsa petelur beternak angsa untuk pemula dan menguntungkan beternak itik tanpa air budidaya angsa 40 hari panen ternak angsa organik video beternak angsa www.beternak angsa

Latest