Responsive Ad Slot

Entri yang Diunggulkan

Info : Cara Menjadi Pemandu Wisata Yang Baik

Ingin menjadi Pemandu Wisata yang berhasil. , Bekerja di  dalam ruangan, dan duduk berhadapan dengan meja serta tumpukan buku atau pun ber...

Ads Slot

Info : Cara Budidaya Jagung

Rabu, 02 Desember 2015

Budidaya jagung belakangan ini cukup diminati oleh masyarakat mengingat ajakan pasar yang juga semakin meningkat. Tanaman jagung juga mempunyai segi ekonomis yang cukup tinggi alasannya ialah banyak barang olahan yang berasal dari tanaman jagung ini. Selain dapat dikonsumsi secara pribadi menyerupai jagung bakar ataupun jagung rebus, jagung biasanya di proses menjadi tepung. 

Belakangan juga tengah popular barang susu jagung yang termasuk juga barang olahan jagung menyerupai susu kedelai. Selain dari segi ekonomis, alasan kenapa banyak yang tertarik membudidayakan tanaman jagung yaitu budidayanya yang tidak terlalu susah. 

Tanaman jagung sendiri merupakan jenis tanaman yang mempunyai tingkat fotosintesis tinggi sehingga memerlukan cahaya matahari yang cukup. Oleh alasannya ialah itu tempat yang cocok dalam membudidayakan tanaman jagung ini sebaiknya pada areal yang terpuka menyerupai sawah atau lahan sehingga dapat terima banyak cahaya matahari. Lalu untuk tempat budidaya tanaman jagung ini baiknya tidak tergenang oleh air tetapi ladang tersebut mempunyai kandungan air yang cukup. Bagi teman-teman yang tertarik dalam budidaya jagung ini berikut akan kami berikanlah beberapa informasi penting sekitar tips budidaya tanaman jagung ini. Simaklah perihal tips budidaya jagung berikut ini.

Hal Yang Perlu Di Perhatikan Dalam Budidaya Jagung

Dalam budidaya jagung ada beberapa keadaan yang perlu di perhatikan biar tanaman jagung dapat tumbuh secara maksimal. Keadaan tersebut mencakup huruf tanah, keadaan iklim, derajat keasaman tanah, kandungan air, suhu lingkungan dan intensitas cahaya matahari. Tanaman jagung gotong royong dapat tumbuh pada seluruhnya jenis tanah tetapi huruf tanah yang paling cocok & sesuai dalam budidaya tanaman ini yaitu tanah yang subur & mempunyai drainase yang lancar. Untuk melindungi kesuburan tanah maka teman-teman mampu memberi pupuk & humus biar tanah terus subur & pertumbuhan tanaman jagung lebih maksimal. 

Selain huruf tanah teman-teman juga harus memerhatikan keadaan iklim alasannya ialah keadaan iklim dalam satu lokasi bertindak dalam pertumbuhan & produksi dari tanaman budidaya. Iklim yang kurang mendukung menyerupai sering terjadi hujan angin tentu akan mengganggu pertumbuhan dari tanaman budidaya menyerupai tanaman jagung. Walau tanaman jagung cocok dibudidayakan di darehan yang mempunyai iklim sejuk & hambar tetapi apabila intensitas hujannya terlalu tinggi maka dapat kurangi kwalitas jagung yang di produksi. 

Apabila ingin produksi tanaman jagung teman-teman berkwalitas & juga baik maka teman-teman mampu menanam jagung pada tempat yang mempunyai iklim sejuk yakni 50áµ’ LU s/d 40áµ’ LS dengan ketinggian 3000 mtr. dpl. Tetapi ada beberapa jenis jagung tertentu yang dapat tumbuh dengan baik pada keadaan tempat ataupun iklim yang berbeda. Amati juga jenis jagung yang akan teman-teman budidayakan sehingga teman-teman dapat memastikan tempat yang sempurna biar tanaman jagung tersebut dapat tumbuh & mempunyai kwalitas yang baik. 

Untuk budidaya jagung memang derajat keasaman tanah penting di perhatikan. 

Kelebihan dari tanaman jagung yaitu tanaman ini mempunyai adaptasi yang cukup baik dengan mempunyai kekuatan hidup optimal pada derajat keasaman tanah antara 5, 5 hingga 7. Ada 14 skala untuk menyampaikan tingkatan derajat keasaman tanah di mana skala 1 hingga 7 menyampaikan huruf tanah yang asam sementara skala 8 hingga 14 menyampaikan huruf tanah basa. 

Derajat keasaman tanah banyak di pengaruhi oleh banyak unsur kimia dalam tanah dan kandungan kandungan air dalam tanah tersebut. 

Tanaman jagung akan tumbuh dengan baik pada lokasi yang mempunyai suhu antara 21áµ’ hingga 30áµ’ celcius. Untuk proses perkecambahan jagung yang paling cocok pada lokasi yang bersuhu 21áµ’ hingga 27áµ’ celcius. Bisa diambil kesimpulan tanaman jagung memerlukan suhu udara yang lebih sejuk untuk pertumbuhan kecambahnya. Masalah ini sangat penting alasannya ialah suhu yang terlalu tinggi & kering dapat mengganggu proses fotosintesis pada tanaman jagung sehingga pertumbuhan tanaman jagung menjadi terganggu. 

Perlu teman-teman kenali juga tanaman jagung membutuhkan air terlebih untuk pertumbuhan & perkembangbiakan jadi pada saat ekspresi dominan hujan mulai tiba merupakan waktu yang sempurna untuk menanam jagung. Selain lebih menghemat tenaga alasannya ialah tidak perlu sering menyiram, menaman jagung pada ekspresi dominan hujan akan menaikkan kelembaban udara sehingga tanaman jagung tidak akan kekurangan air yang dapat mengganggu proses fotosintesis. Selain itu tanaman jagung juga memerlukan intensitas cahaya matahari yang cukup untuk berfotosintesis. Apabila intensitas cahaya matahari kurang maka fotosintesis akan terganggu.

Cara Penanaman Dalam Budidaya Jagung

Secara umum dalam budidaya jagung ini ada dua cara untuk penanamannya yakni multikultur & monokultur. Pengertian dari mulitikultur yaitu penanaman ladang dengan adanya banyak jenis tanaman yang berlainan dalam waktu yang berbarengan. Misalnya yakni disuatu ladang selain ditanami tanaman jagung juga ditanami dengan kacang tanah atau ketela pohon dalam satu waktu. Cara ini dapat disebut dengan arti tumpang sari & cara ini mempunyai tujuan biar kesuburan tanah terus terbangun dengan melindungi keseimbangan persedian unsur-unsur yang terdapat didalam tanah. 

Cara yang ke dua yaitu monokultural yakni menanami ladang hanya dengan satu jenis tanaman secara bertukaran atau selang-seling. Misalnya sekarang ini ladang tersebut ditanami tanaman jagung & selanjutnya ditanami tanaman padi atau mampu kebalikannya. Cara monokultural ini disebut dengan juga arti perputaran tanaman yang mempunyai tujuan yang sama dengan tumpang sari. Yang membedakannya yaitu waktu penanamannya yang berbeda sehingga unsur yang di terdapat didalam tanah juga di ambil secara bertukaran. 

Biasanya penanaman jenis monokultural ini dapat diselingi dengan menanam tanaman kacang biar tanah menjadi kaya akan unsur Nitrogen. Kacang tanah memang mempunyai kekuatan untuk mengikat Nitrogen alasannya ialah dalam akarnya ada bintil yang mengandung kuman Rhizobium yang bertindak mengikat Nitrogen sehingga tanah akan kembali subur. Untuk budidaya jagung ini biasanya yang semakin banyak diambil yaitu cara yang pertama yakni multikultur apabila ditanam pada ladang yang kering. 

Sebelum teman-teman memulai budidaya tanaman jagung ini teman-teman perlu sediakan benih jagung terlebih dulu. Penentuan bibit unggul ikut bertindak menghasilkan jagung yang berkwalitas dan dapat memberi hasil produksi yang tinggi. Ada beberapa ciri yang perlu teman-teman amati dalam penentuan bibit jagung menyerupai tongkol harus di ambil dari tanaman jagung induk yang sehat, berpengaruh & sudah tua. 

Tongkol mempunyai rambut yang banyak & bijinya terdapat dalam barisan yang lurus. Klobot juga harus rapat dari ujung hingga pangkal daun jagung lalu yang paling simpulan tongkol harus dijemur hingga kering. 

Benih jagung yang unggul juga mampu didapat melalui biro benih. Benih jagung rawan terserang penyakit yang dikarenakan oleh jamur & untuk melaksanakan pencegahan benih mampu diberikan fungisida atau insektisida. Untuk mencegah bulai mampu dilakukan dengan merendam benih jagung didalam 1 liter air yang dimasukan Ridomol sejumlah 5 g. Rendam benih jagung tersebut selama 15 menit setelah itu jemur hingga kering. 

Demikian informasi yang kami berikanlah dalam artikel ini perihal tips budidaya jagung. Semoga berkhasiat untuk Teman-teman sekalian.
Recent Search Term : analisis budidaya jagung budidaya jagung bisi budidaya jagung bonanza budidaya jagung dk budidaya jagung hibrida budidaya jagung manis budidaya jagung nk budidaya tanaman jagung yang benar cara budidaya jagung yang baik dan benar video budidaya jagung

Latest