Responsive Ad Slot

Entri yang Diunggulkan

Info : Cara Menjadi Pemandu Wisata Yang Baik

Ingin menjadi Pemandu Wisata yang berhasil. , Bekerja di  dalam ruangan, dan duduk berhadapan dengan meja serta tumpukan buku atau pun ber...

Ads Slot

Info : Panduan Cara Memilih Travel Umroh Yang Benar

Jumat, 02 Oktober 2015

Travel Umroh atau biro perjalanan umroh makin menjamur banyak menyebar di semua kota di Indonesia dengan beragam nama. Jumlah biro perjalanan umroh yang semakin menjamur di Indonesia dikarenakan oleh beberapa faktor pendukung, menyerupai : 
  • Jumlah masyarakat Indonesia besar. Jumlah masyarakat Indonesia besar. Di dalamnya ada sangat banyak pemeluk agama Islam. Dengan jumlah pemeluk agama Islam lebih dari 1/2 populasi masyarakat Indonesia, bisa diperkirakan usul akan layanan biro travel umroh makin besar.
  • Perekonomian di Indonesia termasuk juga bagus. Walau jumlah kekayaan Indonesia dibawah negara Brunei Darussalam, Singapura & negara-negara lain di Asia Tenggara, tetapi secara garis besar perekonomian Indonesia bisa dibilang bagus. Meskipun sesekali mengalami guncangan di sektor ekonomi hal itu yakni wajar, bisa dikatakan tidak membuat semua rakyat Indonesia jatuh miskin karenanya. Keadaan ekonomi yang baik, berdampak pada kesejahteraan rakyat. Rakyat yang sejahtera, ditandai dengan kemampuan memenuhi kebutuhan primer, sekunder & tersier. Disamping itu, cukup banyak rakyat Indonesia yang bisa memenuhi semua kepentingan tersiernya, termasuk juga umroh.
  • Jumlah jamaah umroh dari Indonesia selalu mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Beradasarkan data yang ditulis dari Kementerian Haji di Arab Saudi, jumlah jamaah umroh Indonesia pada tahun 2014 bertambah hingga 6.300.000 jamaah. Bayangkan, dengan jumlah jutaan orang, begitu banyak & sering jasa travel umroh akan di cari? Dampaknya pasti memiliki pengaruh pada pendapatan usaha travel umroh itu.
  • Daftar tunggu haji sangat lama. Padatnya kuota haji, membuat calon jamaah haji wajib menunggu bertahun-tahun untuk diberangkatkan ke tanah suci. Disamping itu, umur selalu berkurang & keadaan kesehatan makin lama akan mengalami penurunan. Karena alasan itu, banyak orang yang kemudian mengalihkannya dengan cara berumroh.
  • Biaya umroh terjangkau. Biaya umroh selalu berubah-ubah, mengikuti kurs dollar. Pada waktu-waktu tertentu, biaya umroh jadi tambah lebih murah. Jelas, keadaan yang menyerupai itu akan disambut positif oleh calon jamaah umroh. Otomatis, travel umroh juga diuntungkan.
atau

Dari beberapa faktor pendukung kehadiran biro biro travel umroh di Indonesia, ada satu satu hal yang perlu dipahami dengan baik. Tidak seluruhnya travel umroh bagus & profesional dari sisi pelayanan. Tidak semua pula yang amanah. Dari berita-berita di tv atau koran, cukup banyak operasional jasa travel umroh yang punya masalah. Dari mulai uang jamaah yang dibawa kabur, menunda-nunda keberangkatan tanpa ada kepastian. hingga penelantaran jamaah di Arab Saudi atau di kota-kota transit.

Oleh karenanya, sangatlah disarankan memilih biro travel umroh yang bagus & terpercaya. Pertimbangkan beberapa hal di bawah ini sebelum menentukan biro travel umroh :

1. Saat Keberangkatan
Harga tiket pesawat terbang melambung tinggi pada dikala waktu liburan, hari raya, tahun gres & mendekati Ramadhan. Usahakan tidak pilih keberangkatan pada waktu itu (peak season). Untuk tahun ini, travel umroh 2015 memperkirakan harga keberangkatan umroh yang paling dekat berlangsung pada pertengahan medio Januari, Februari, Maret, April, Mei & Desember. Kurs rupiah pada bulan-bulan itu meningkat alasannya yakni jumlah perayaan hari libur sedikit (Low season).

2. Mempunyai Bukti-bukti Legalitas yang Sah
Janganlah terpedaya pada iming-iming paket umroh murah dan lengkap yang di tawarkan oleh biro perjalanan umroh. Pastikan dahulu biro perjalanan umroh yang menyampaikan itu mempunyai surat izin operasional yang sah. Teman-teman wajib tahu dimana alamat kantornya, nomer telpon kantor & penanggung jawabnya. Jangan salah, belakangan ini marak sekali kasus biro perjalanan umroh bodong dengan kata lain tidak mempunyai legalitas dari pemerintah.

Suatu biro perjalanan umroh yang bagus & terpercaya pasti mempunyai dokumen-dokumen izin pendirian & operasional yang valid, mencakup :
  • Surat Izin Usaha Biro Perjalanan Umum
  • Surat Izin Tetap Usaha Pariwisata
  • Nomer Pokok Wajib Pajak (NPWP) perusahaan
  • Tanda Daftar Perusahaan
  • Surat Keterangan Domisili Perusahaan
  • SK yang dikeluarkan Departemen Agama untuk mengadakan perjalanan umroh
  • Akan lebih baik lagi jikalau memiliki akta pendukung, menyerupai Sertifikat yang dikeluarkan oleh Dewan Syariah Nasional MUI sebagai Lembaga Bisnis Syariah
  • Mempunyai akta anggota HIMPUH atau Amphuri
3. Pertimbangkan Perbedaan Harga 
Pada intinya, harga paket umroh yang di tawarkan semua biro perjalanan umroh resmi sama. Atau, paling tidak mempunyai selisih yang tipis. Apabila suatu biro perjalanan nekat tawarkan harga paket umroh yang jauh lebih murah dari standard harga berlaku, janganlah cepat-cepat senang. Pikirkan kenapa biro itu berani menyampaikan harga jauh dibawah harga standard. Bukankah suatu usaha tujuannya mencari untung, bukan rugi?

Selisih harga yang terlalu jauh pada satu biro dengan biro yang lain harusnya pantas dicurigai. Kecuali layanan yang ditawarkannya jauh lebih minim dibanding dengan layanan rata-rata dari biro umumnya. Agar aman, janganlah segan bertanya soal :
  • Apa saja daerah ibadah dan wisata yang kelak akan jamaah kunjungi selama berada di tanah suci?
  • Apa saja pelayanan yang menjadi hak jamaah?
  • Adakah setiap jamaah mendapat menu catering atau diharuskan membeli sendiri dengan uang pribadi?
  • Apakah ketersediaan transportasi yang memadai untuk digunakan selama di tanah suci? 
  • Hotel apa yang akan jamaah tempati selama berada di tanah suci? Bintang berapakah?
  • Maskapai apa yang mengangkut jamaah dari tanah air ke tanah suci?
  • Apakah paket umroh disertai dengan asuransi jiwa?
Ingat, pepatah yang mengatakan “Harga berbanding lurus dengan kualitas” masih tetap berlaku dalam banyak hal. Termasuk juga harga paket umroh ini. Jika Teman-teman mempunyai anggaran dana lebih, tidak ada salahnya pilih paket yang agak mahal, tetapi bisa menjamin kenyamanan & keamanan Teman-teman sepanjang melaksanakan ibadah di tanah suci hingga kembali ke tanah air.

4. Track Record Travel Umroh
Agen biro umroh yang gres berdiri bukan berarti tidak berkualitas. Cuma saja, mereka masih tetap kurang memiliki pengalaman. Apabila Teman-teman yakin pada suatu biro perjalanan umroh yang gres berdiri, tetapi dokumen legalitasnya komplit, tidak jadi masalah. Tetapi, untuk Teman-teman yang mau "main aman”, silahkan pilih biro perjalanan umroh yang sudah memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam memberangkatkan jamaah ke tanah suci.

Makin sering suatu biro umroh memberangkatkan jamaah, artinya semakin baik ikatan kerja sama biro itu dengan pihak-pihak terkait, menyerupai Departemen Imigrasi untuk keperuan pengurusan visa jamaah, Departemen Kesehatan untuk kepentingan vaksin meningitis jamaah, hotel, maskapai penerbangan, transportasi di Arab Saudi, hingga catering selama di sana.

Teman-teman dapat memercayakan tumpuan dari rekan-rekan yang sudah pernah memakai travel umroh andalan mereka. Belajar dari yang memiliki pengalaman pasti lebih meyakinkan, bukan?

5. Sistem Pembayaran
Profesional suatu biro perjalanan umroh dapatlah diukur lewat sistem pembayaran yang mereka tentukan. Asumsinya, biaya umroh sejumlah belasan hingga puluhan juta rupiah, mustahil dibayar tunai di depan kasir. Jelas akan lebih gampang melaksanakan pembayaran melalui transfer bank. Terlebih tehnologi perbankan sekarang ini menyampaikan sangat banyak keringanan bertransaksi yang bisa digunakan oleh nasabah.

Andai memang sistemnya tunai, mintalah surat bukti pembayaran yang disertai stempel perusahaan. Jika biro perjalanan itu nyatanya berulah, Teman-teman sudah memiliki bukti untuk menuntut.

6. Alamat yang Benar 
Pastikan alamat biro travel umroh yang Teman-teman pakai benar-benar ada. Tetap dan tidak berpindah-pindah sekurang-kurangnya dalam kurun waktu satu tahun. Fisik bangunan tidak selalu saja jadi tolak ukur bagus tidaknya biro travel umrah itu. Paling penting, bangunannya layak untuk dapat disebut sebagai suatu kantor.

Demikian tips menentukan travel umroh yang aman & terpercaya. Mudah-mudahan bermanfaat.
Recent Search Term : ####

Latest

Blog Archive

Hit Me