Responsive Ad Slot

Entri yang Diunggulkan

Info : Cara Menjadi Pemandu Wisata Yang Baik

Ingin menjadi Pemandu Wisata yang berhasil. , Bekerja di  dalam ruangan, dan duduk berhadapan dengan meja serta tumpukan buku atau pun ber...

Ads Slot

Info : Mengenal Jaket Kulit, Jenis, Kelebihan dan Cara Merawatnya

Selasa, 27 Oktober 2015

Jika naik motor rasanya tambah nyaman menggunakan jaket, udara hambar & terpaan angin, mampu tersingkir alasannya tebalnya jaket. Rasanya jaket kulit menjadi seragam resmi bagi motor rider. Saksikan saja komune motor besar ataupun pembalap motor harus kenakan jaket ini. Jaket ini lebih berpengaruh daripada jaket dari kain ataupun dari kain sintetis. Oleh alasannya itu, jaket ini banyak diminati oleh banyak orang. 

Tidak hanya penunggang motor saja yang menggunakan jaket ini, fungsinya ada yang sudah berubah. Jaket kulit sekarang bab dari mode fashion. Musisi kenakan jaket ini guna mendukung performa fashion-nya di panggung. Selain itu design jaket ini pun luwes ikuti tren mode. Bahkan tidak sedikit rumah mode kelas dunia, mengerjakan khusus design jaket ini untuk kebutuhan fashion show ataupun di jual secara terbatas.


Jaket jenis ini tidak hanya dikenakan oleh pria saja, ada pula yang didesain khusus untuk wanita, design & warnanya pun sesuaikan selera kaum wanita. Jadi, segmen jaket ini semakin luas saja. Fenomena ini menjadi sebuah motivasi bagi industri pembuat jaket ini, mereka optimis produknya akan diserap pasar.

Awal Mula Jaket Kulit

Tahukah Teman-teman bahwa jaket jenis ini ternyata mempunyai sejarah panjang? Jaket kulit merupakan baju orang purba terlebih yang tinggalnya di gurun , es atau dikala masa masa es kuno. Mereka kenakan pakaian yang terbuat dari kulit binatang liar hasil buruannya ibarat anjing laut, beruang kutub & hewan mamalia yang lain. Orang purba menguliti hewan buruannya, daging untuk makan sedang kulit hewan liar dijemur sampai kering kemudian di beri garam supaya abadi & tidak membusuk. 

Pakaian yang terbuat dari kulit binatang sangat berkhasiat untuk melindungi keadaan tubuh supaya tidak kedinginan. Saat masa sudah beranjak moderen & kain yang terbuat dari wol & benang katun menjadi sebuah baju sehari-hari, tidak berarti jaket jenis ini ditinggalkan begitu saja. Tetap harus jaket ini masih diminati orang moderen. Pemrosesan jaket ini pun sudah lebik baik & desainnya pun ikuti aturan fashion. 

Pada masa PD I, pilot-pilot pesawat & teknisinya harus kenakan jaket kulit khusus. Dulu pesawat tempur bentuk cocpit-nya masih terbuka, sehingga dikala posisi pesawat pada level ketinggian diatas dua puluh ribu kaki, udaranya sangat ekstrem. 

Pakaian seragam pilot yang terbuat dari wol ternyata tidak dapat melindungi stabilitas suhu tubuh pilot sehingga mengganggu konsentrasi pilot. Maka jaket pilot ditukar dengan jaket kulit yang dilapis dengan kain wol di dalamnya. Hal ini dilakukan supaya mampu melindungi keadaan suhu tubuh pilot terus hangat dikala ada di ketinggian. Jaket ini banyak digunakan oleh pekerja pabrik misalnya bab pengelasan & pengecoran logam, fungsinya yakni pakaian pengaman dari percikan api & cairan beresiko.

Keunggulan Jaket Kulit


Jaket kulit merupakan salah satu fashion yang mampu melewati waktu & mode. Jaket ini banyak diminati orang banyak. Meskipun harga nya tidak mampu disebut murah, ternyata juga yang mengoleksi jaket ini banyak juga. Berikut ini merupakan keunggulan jaket jenis ini. Siapa tahu Teman-teman tertarik membelinya untuk sebatas touring gunakan motor. Kelebihannya antara lain :
  • Awet. Bahan intinya di ambil dari kulit sapi yang sudah diolah melewati penyamakan sehingga menghasilkan materi jaket yang mutunya baik. Walaupun digunakan bertahun-tahun keadaan jaket ini tidak mudah rusak. Berbeda dengan jaket berbahan katun & wol, bila sudah sering digunakan warna kainnya cepat sirna & mudah robek. Hal ini tidak akan terjadi sekalipun pada jaket jenis ini, itulah salah satu kelebihan jaket jenis ini. 
  • Kuat. Bahan yang terbuat dari kulit sapi salah satu keunggulannya yakni berpengaruh & tidak mudah robek. Meskipun setiap hari sering digunakan dikala naik motor, ketika di jalan terserang air hujan, terpaan cahaya matahari namun kwalitas jaket ini terus baik. Inilah yang menjadi alasan berpengaruh kenapa jaket jenis ini disenangi oleh motor rider.
  • Tidak mudah basah. Jaket ini mempunyai pori-pori kecil sehingga bila terserang air hujan tidak mudah rembes ke jaket. Sehingga jaket ini tidak mudah berair & tubuh terus kering & yang terperinci tidak kedinginan. Demikian juga dikala jaket terendam air tinggal dijemur sebentar sudah kering.

Bahan Jaket Kulit

Dulu jaket kulit terbuat dari kulit sapi alasannya ciri-ciri kulit sapi sangat lentur, ringan & kuat. Tetapi sekarang bersamaan diketemukan tehnologi, jaket ini dapat dihasilkan dari proses penyamakan kulit & tekstil sintetis. Namun yang terperinci jaket berbahan kulit yang baik terbuat dari kulit binatang ibarat sapi yang sudah diolah melewati beragam bab & pewarnaan kimiawi supaya menghasilkan kulit yang lentur.
  • Kulit sapi. Kulit sapi sudah lama jadikan sebagai materi paling utama jaket ini. Kelebihan kulit sapi antara lain ukurannya relatif lebar, lentur & awet. Berbahan mentah menjadi materi untuk membuat jaket, perlu bab penyamakan. Tahapannya dari mulai pembersihan kulit sapi dari sisa-sisa daging, pengeringan, perebusan, & pewarnaan. Proses tersebut perlu waktu yang panjang. Tetapi bagi industri pembuat jaket jenis ini tidak perlu menggunakan proses penyamakan ibarat diatas. Mereka hanya tinggal membeli materi kulit jaket dari toko grosir.
  • Kulit domba. Selain sapi ternyata kulit domba pun mampu jadikan sebagai materi membuat jaket ini. Mutunya tidak beda jauh dengan kulit sapi. Garut populer dengan pusat pembuatan jaket dari kulit domba. Bahkan barang ini menjadi andalan Garut guna mempromosikan daerahnya. Kelebihannya jaket yang di buat dari kulit domba yakni teksturnya halus tidak mudah robek & ringan, berarti bila digunakan tidak merasa berat.
  • Kulit sintetis. Ada pula jaket yang terbuat dari kulit sintetis. Bahannya terbuat dari kombinasi karet & pvc. Harga jaket sintetis ini cenderung lebih murah. Tetapi kwalitas jaket sintetis sangat jauh dari jaket kulit. Mudah robek & warnanya pun mudah kusam.

Jenis Jaket Kulit

Ternyata jaket ini digunakan untuk beragam manfaat ibarat sepeda motor, penerbangan & program non resmi pun ada. Seluruhnya mempunyai ciri-ciri berbeda dalam desainnya. Berikut ini pemaparan wacana jenisnya.
  • Jaket motor. Jaket untuk motor rider mempunyai sepesifikasi tertentu pada design & materi intinya. Biasanya jaket untuk motor rider terbuat dari kulit yang mutunya bagus, tahan gores, api & air. Dalam pembuatannya mempunyai tiga susunan fungsinya supaya mereduksi terpaan angin dari arah depan. Pada bab sikut bahu di beri susunan material keras membuat dukungan engsel dikala ingindara motor terjatuh. Harga nya pun cenderung mahal alasannya terbuat dari kulit kwalitas unggul. 

  • Jaket Kasual. Jaket kasual diperuntukan untuk beragam kegiatan, design jaket jenis ini biasanya bermacam & lebih modis. Jaket kulit warna pun bermacam termasuk juga asal produksi ada yang buatan luar negeri ada pasti harga nya mahal. Jaket kulit produksi dalam negeri pun tidak kalah cantik & harga nya lebih murah. Sentra produksi jaket ini ada di Bandung, Garut & Kecamatan Manding, Bantul.

Tips Menjaga Jaket Kulit

Meskipun jaket ini populer abadi & kuat, namun juga harus dirawat dengan baik. Misalnya satu ahad sekali dibersihkan dengan dilap dengan air sabun, namun jangan direndam ke air. Kemudian dibasuh dengan air bersih & dijemur sampai kering. 

Melindungi jaket ini terus abadi ada beragam larangan yang harus dipatuhi yakni jangan dilipat & jangan sekali-kali disetrika. Saat tidak digunakan dalam waktu yang lama, disimpan di lemari dengan posisi di gantung dengan hanger. Sekianlah sedikit tips menjaga jaket kulit, biar berguna.
Recent Search Term : ####

Latest

Blog Archive

Hit Me