Responsive Ad Slot

Entri yang Diunggulkan

Info : Cara Menjadi Pemandu Wisata Yang Baik

Ingin menjadi Pemandu Wisata yang berhasil. , Bekerja di  dalam ruangan, dan duduk berhadapan dengan meja serta tumpukan buku atau pun ber...

Ads Slot

Info : Kupas Habis Cara Budidaya Ikan Patin

Kamis, 29 Oktober 2015

Siapa yang tidak kenal ikan patin? Ikan air tawar ini ketika ini menjadi primadona di kalangan penggemar masakan ikan. Dengan ukuran tubuh yang panjang, berwarna putih keperakan, ikan patin termasuk juga ikan yang istimewa di macamnya. Tingkat konsumsi yang tinggi membuat para peternak ikan mulai melirik budidaya ikan patin. 

Selain di kenal alasannya kelezatannya, ikan patin juga di kenal sebagai komoditi yang berprospek bagus alasannya harga jualnya yang tinggi. Perawatan yang mudah juga menjadi alasan lain para peternak ikan tawar pilih mencoba budidaya ikan patin.


Bernama latin Pangasius Hipothalmus, ikan patin merupakan jenis ikan air tawar yang dapat dikonsumsi oleh orang. Produknya termasuk juga unggulan sehingga banyak peternak yang mencoba usaha budidaya ikan patin ini. Struktur daging ikan patin ini mempunyai banyak lemak & agak lembap tetapi tidak mempunyai banyak duri. Harga ikan patin di pasaran cenderung stabil sehingga usaha budidaya ikan patin ini cukup menjanjikan & punya potensi menghasilkan pendapatan besar. 

Pilih untuk usaha budidaya ikan patin memang membutuhkan prinsip yang berkepanjangan. Kegiatan budidaya ikan patin ini sama dengan beternak hewan perikanan lain membutuhkan ketelatenan & kesabaran dalam setiap langkah & prosesnya. Sebagian orang tidak suka pada rasa ikan patin alasannya rasa dagingnya yang kurang gurih. Dengan penambahkan bumbu-bumbu yang cocok tentu hidangan memiliki materi dasar ikan patin ini akan semakin nikmat. 

Ya, selera setiap orang berbeda tetapi secara umum, hidangan ikan patin banyak penggemarnya terlebih di kepulauan Sumatera & Sulawesi. Selain jadikan hidangan untuk menu paling utama, ikan patin mempunyai potensi besar yang lain sehingga banyak orang semakin tertarik untuk melaksanakan usaha budidaya ikan patin. 

Daging ikan patin mampu di proses menjadi panganan atau makanan suplemen menyerupai abon ikan patin. Rasanya yang khas & unik menarik minat masyarakat. Usaha ini belum banyak dilakukan orang oleh alasannya itu potensinya masih terbilang besar. Bagi Teman-teman yang tertarik untuk tekuni budidaya ikan patin ini, Teman-teman harus sediakan kolam pemeliharaan terbuat dari tanah liat atau lempung yang dapat menahan massa air yang besar dan tidak bocor. 

Tanah ini kemudian dibuat menjadi kolam berbentuk pematang atau dinding-dinding kolam. Setelah mempersiapkan tanah sebagai kolam pemeliharaan budidaya ikan patin, maka hal yang ke dua yang perlu di perhatikan ialah kwalitas airnya sendiri. 

Syarat paling utama ialah air harus bersih, tidak terlalu keruh & tidak tercemar beberapa materi beracun. Suhu air juga menjadi perhatian paling utama. Suhu air yang baik untuk budidaya ikan patin sekitar antara 26-28 derajat Celcius. 

Budidaya ikan patin dapat dibedakan menjadi dua bab yang tidak terpisahkan, yakni pembenihan & pembesaran. Keduanya memerlukan perhatian yang cukup mudah. Walau ke dua acara ini belum cukup popular di kalangan masyarakat alasannya untuk memenuhi kebutuhan ikan patin biasanya masih memercayakan acara penangkapan di alam.

Proses Pembenihan Pada Budidaya Ikan Patin

Kegiatan pembenihan ikan patin merupakan cara untuk menghasilkan benih pada ukuran tertentu sehingga yang dihasilkan ialah benih yang dihasilkan setelah masa pendederan. Proses penting yang harus dilewati pada budidaya ikan patin. Setiap bab pada budidaya ikan patin mampu jadikan usaha sendiri. 

Pada tahap pembenihan misalnya, peternak mampu mencoba budidaya ikan patin hanya dalam tahap ini lalu eksklusif menjual benihnya pada mereka yang memerlukan benih-benih berkwalitas. Tentu harga yang dibanderol berbeda dengan ikan patin yang sudah cukup umur & siap dikonsumsi. 

Untuk memulai budidaya ikan patin, Teman-teman mampu memperoleh benih ikan dari hasil tangkapan di perairan umum ataupun membeli dari Balai Pemeliharaan Ikan Air Tawar di Jawa Barat. Benih-benih ini biasanya di kumpulkan dalam satu wadah & dirawat selama lebih kurang dua minggu. Proses inilah yang memerlukan kehati-hatian. 

Beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam budidaya ikan patin ialah kwalitas air, kalau air dalam penampungan sudah mulai kotor, ubahlah dengan air bersih & hindari dari sengatan matahari. Benih ikan patin ini akan siap ditebar ketika sudah dipindahkan & dipelihara terlebih dulu didalam jaring. Hal ini ditujukan supaya benih ikan patin dapat berdadaptasi dengan lingkungan barunya. Budidaya ikan patin ini memang perlu perhatian yang besar. 

Tanda induk patin yang sehat & siap dipijahkan ialah sebagai berikut : 
1. Proses Pembenihan Pada Budidaya Ikan Patin - Induk Betina 
  • Berusia tiga tahun 
  • Ukuran anatara 1.5-2 kilogram 
  • Perut jadi membesar ke arah anus 
  • Perut merasa empuk & halus ketika diraba 
  • Kloaka membengkak & berwarna merah tua 
  • Kulit pada bab perut lembek & tipis 
  • Saat kloaka ditekan maka akan keluar beberapa butir telur dengan bentuk bulat yang besarnya seragam. 

2. Proses Pembenihan Pada Budidaya Ikan Patin - Induk Jantan
  • Berusia dua tahun 
  • Ukuran 1. 5 - 2 kilogram 
  • Kulit perut lembek & tipis 
  • Apabila diurut akan keluar cairan sperma berwarna putih. 
  • Kelamin membengkak & berwarna merah tua

Proses Pembesaran Budidaya Ikan Patin

Pembesaran ikan patin dapat dilakukan di kolam, di jala apung baik dengan system pen ataupun dalam karamba. Berikut penuturannya :
  • Pembesaran ikan patin di kolam dapat dilakukan melewati system monokultur ataupun polikultur.
  • Pembesaran ikan patin di jala apung baiknya memperhatikan kawasan pemeliharaan, bagaimanakah cara memakai jala apung, bagaimanakah keadaan perairan & kwalitas airnya dan proses pembesarannya.
  • Pada pembesaran ikan patin, system yang perlu di perhatikan penentuan tempat, kwalitas air, penebaran benih & pertolongan pakan dan pengontrolan.
  • Pada pembesaran ikan patin di karamba yang perlu di perhatikan ialah problem penentuan tempat, penebaran benih, pemberiaan pakan tambahan, pengontrolan & pemanenan.

Proses Panen Budidaya Ikan Patin


Pastikan ikan patin tidak terkoyak siripnya ketika Teman-teman mengangkatnya dari kolam pembesaran. Ikan patin yang terkoyak siripnya akan mengalami penurunan harga sehingga tidak laris di pasaran. Budidaya ikan patin juga memerlukan kehati-hatian yang lebih detil. 

Saat budidaya ikan patin Teman-teman sudah mulai membawa hasil, jangan pakai jala yang besar & berangasan untuk menangkap ikan patin alasannya akan menyakiti & menimbulkan kerusakan tubuh ikan patin. Baiknya pakai serok dengan jala yang halus. Pastikan ikan patin yang betul-betul siap panen sehingga hasil yang Teman-teman peroleh pun optimal. 
Pengemasan dalam Budidaya Ikan Patin 

Pengemasan benih ikan patin harus dapat menanggung keselamatan benih selama pengangkutan. Beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam pengemasan benih ikan patin ketika Teman-teman mulai melaksanakan bisnis budidaya ikan patin yakni :
  • Siapkan kantong plastik sesuai kebutuhan. Setiap kantong di buat rangkap untuk menghindari kebocoran. 
  • Benih ikan yang sudah dipuasakan selama 18 jam di tangkap dengan serokan halus kemudian dimasukan kedalam kantong plastik tadi. 
  • Satu persatu kantong berisi oksigen murni (perbandingan air : oksigen = 1 : 2). Setelah itu segera diikat dengan karet gelang rangkap. 
  • Kantong-kantong plastik diisi benih dimasukkan kedalam kardus. 
  • Lama pengangkutan. Benih ikan patin dapat diangkut selama 10 jam dengan tingkat keberlangsungan hidup mencapai 98,67%
Recent Search Term : analisa usaha budidaya ikan patin budidaya ikan patin air tawar budidaya ikan patin albino budidaya ikan patin cepat besar budidaya ikan patin cepat panen budidaya ikan patin dalam akuarium budidaya ikan patin dalam drum budidaya ikan patin dalam kolam terpal budidaya ikan patin dengan modal kecil budidaya ikan patin di kolam budidaya ikan patin dilahan sempit budidaya ikan patin kolam beton budidaya ikan patin kolam terpal budidaya ikan patin tambak budidaya ikan patin tawar budidaya ikan patin untuk pemula budidaya ikan patin yang baik cara budidaya ikan patin semoga cepat besar cara budidaya ikan patin yang baik dan benar ajuan usaha budidaya ikan patin prospek usaha budidaya ikan patin

Latest

Blog Archive

Hit Me