Responsive Ad Slot

Entri yang Diunggulkan

Info : Cara Menjadi Pemandu Wisata Yang Baik

Ingin menjadi Pemandu Wisata yang berhasil. , Bekerja di  dalam ruangan, dan duduk berhadapan dengan meja serta tumpukan buku atau pun ber...

Ads Slot

Info : Cara Membuka Bisnis Makanan

Rabu, 28 Oktober 2015

Membuka usaha makanan termasuk juga usaha yang menjanjikan sekarang ini. Meskipun tingkat persaingannya tinggi, tetapi setiap satu jenis usaha menjadi unik ada. Hal semacam itu karena beragamnya makanan yang di tawarkan. 

Jadi, setiap jenis usaha makanan memiliki segmen pasarnya sendiri. Tergantung pada selera, kebutuhan & daya beli juga kawasan usaha. Misalnya, di kawasan perumahan yang jauh ke kawasan makanan, apabila berjualan sate keliling pasti akan sangat diperlukan.

Begitu pun bagi yang memiliki usaha makanan yang menetap tempatnya. Peluang mengeruk keuntungan lumayan pun tidak mampu diabaikan. Saat ini, zamannya orang repot. Mereka berlomba-lomba mencari duit. Disebabkan kesibukan yang banyak, mereka tidak pernah memasak dirumah. Mengakibatkan, untuk alasan kepraktisan mereka semakin banyak membeli makanan diluar.

Makanan juga termasuk juga kebutuhan pokok, bahkan tidak mampu ditunda-tunda. Atas perspektif itulah, membuka usaha makanan menjadi buruan banyak orang. Baik untuk yang bermodal kecil, ataupun mereka yang bermodal besar. Berikut beberapa cara membuka usaha makanan yang mampu jadikan pertimbangan. 

1. Modal & Waktu yang Sedikit 

Ini berlaku bagi ibu rumah-tangga yang memiliki sedikit waktu luang. Dibutuhkan sedikit perjuangan, yakni bangkit lebih pagi untuk mengolah makanan. Saat pagi hari, makanan itu harus sudah siap di warung-warung. Biasanya dijajakan dalam situasi masih hangat. 

Makanan tersebut buat mereka yang tidak pernah sarapan. Makanan tersebut harus mengenyangkan & di proses dengan cara menggoreng. Misalnya bala-bala, gehu, pisang goreng & juga lepet yang dikukus, tetapi mampu juga donat, puding & lain sebagainya. 

Biasanya makanan jenis ini akan habis menjelng siang, tetapi mampu juga bersisa sedikit di sore hari. Pada sore atau malam harinya, pembuat makanan tinggal mengambil sisa makanan juga mengambil duit penjualan dari makanan yang dititipkan. Cukup praktis kan? 

Tetapi, bagi ibu rumah-tangga yang memiliki waktu luangnya tidak pasti, mampu membuat makanan yang awet, misalnya keripik. Keripik ini sifatnya tahan lama. Fungsinya sebagai camilan biasa. Beragam jenis jenis mampu di buat. Keripik singkong, ubi, talas, pisang. Apabila ingin lebih menarik, maka keripik tersebut di proses dengan beragam variasi rasa, menyerupai pedas, manis atau asin. 

Kita mampu menyewa seseorang pegawai yang memakai sepeda atau motor untuk membantu memasarkannya. Biasanya dititipkan pada warung-warung yang letaknya jauh dengan kawasan kita. Dengan demikian, penghasilan kita akan semakin jadi tambah. 

2. Tanpa Modal, Hanya Harus Memiliki Tempat Strategis 

Banyak orang bertanya, adakah usaha makanan tanpa modal sekalipun? Jawabannya ada, hanya perlu mempunyai unsur kepercayaan & kawasan yang strategis. Itu yakni usaha kecil yang sangat popular sekarang ini. Apalagi jikalau bukan membuka usaha penitipan kue-kue jajanan pasar. 

Pangsa pasarnya cukup bagus. Selain dewasa yang suka ngemil, ternyata ibu-ibu & bawah umur pun suka jajan type makanan menyerupai ini. Usaha ini tidak memerlukan toko. Apabila rumah kita ada di tepi jalan yang ramai, maka kita mampu memakainya sebagai kawasan usaha. 

Apabila tidak, kita pun mampu menyewa sedikit ladang kosong di depan toko, bengkel atau kawasan yang lain yang tempatnya strategis. Selain biaya sewa, modal yang kita mengeluarkan hanya membeli plastik untuk pembungkus, & sediakan satu atau dua meja kawasan makanan disimpan. 

Wadah makanan tidak perlu kita siapkan. Karena mereka yang menitipkan makanan, biasanya dibarengi dengan wadahnya. Wadahnya biasanya sudah berbentuk tertutup sehingga meskipun terdapat di tepi jalan tanpa bangunan, kehigienisannya terus terbangun. 

Mengenai jenis makanan yang di jual biasanya yakni makanan lembap maupun makanan kering. Uniknya usaha ini karena mampu menjual sangat banyak jenis makanan. Dari mulai lapis, risoles, puding, bolu & banyak lagi yang lain. 

Kerapkali ada kesamaan barang dengan penjual lain, hanya berbeda rasa & memiliki bentuk. Misalnya, si A menitipkan bolu kukus pandan warna hijau, sedang si B menitipkan bolu kukus coklat. 

Keuntungan biasanya di ambil dari setiap kudapan manis yang terjual. Semakin banyak kudapan manis terjual, maka akan semakin banyak pendapatan yang di terima, tetapi biasanya keuntungan yang di ambil tidak banyak. Hal semacam itu karena meminimalkan persaingan harga dengan usaha sejenis yang ada. 

Terkadang usaha yang sama hanya beberapa mtr. saja jaraknya dari kawasan usaha kita ada. Jangan s/d barang yang hampir sama, tetapi harga jauh berbeda, terkecuali memang mutunya lebih unggul. 

Misalnya, donat ditempat A hanya bernilai Rp1. 500, tetapi ditempat kita yang tempatnya erat juga, & produknya hampir sama dari ukuran & rasanya, harga nya jauh lebih mahal. Beberapa hal kecil menyerupai itu mampu mengakibatkan pelanggan kita lari ke kawasan yang lain. 

Intinya, ambil keuntungan yang cukup hanya penjualan yang banyak. Dibanding untung yang banyak dari penjualan yang sedikit. 

Begitu pun apabila kita memiliki toko yang menjual kudapan manis atau roti. Kita mampu mengaplikasikan system menyerupai ini, tetapi hati-hati dengan makanan yang dititipkan ditempat kita, karena jikalau mutunya tidak mencukupi mampu membuat citra usaha kita ikut menjadi jelek. 

Langkahnya, seleksilah kudapan manis yang masuk dari segi rasa & tampilan. Biasanya dilakukan dikala yang menitip kudapan manis punya maksud menitipkan makanan bikinannya ditempat kita. Mintalah sampel & harga nya sekalian. Apabila menungkinkan dari sisi mutu & harga yang logis, mengapa tidak dicoba sekalian makanan tersebut. 

Jadi, toko kita akan memiliki jenis makanan pendukung sehingga pengunjung mampu memiliki varian pilihan yang sesuai harapan atau kebutuhan. 

3. Modal Cukup Besar dengan Hasil Lumayan 

Jangan disangka pendapatan warteg itu biasa-biasa saja. Di Jakarta ada sebuah warteg yang setiap harinya ramai dikunjungi orang. Yakin tidak yakin, yang makan ditempat simpel itu tidaklah kalangan tukang bajaj atau para kuli bangunan. 

Demikian sebaliknya, karyawan perusahaan besar, bahkan para manajernya betah makan ditempat itu. Kebetulan tempatnya sangat strategis di dalam perkantoran. Sering banyak mobil-mobil cukup elegan parkir disana. Lalu apa istimewanya rumah makan itu? 

Selain kawasan strategis, cukup luas, rasa makanan disana khas. Pedas sekalian enak. Tempatnya bersih. Menu banyak variasinya, & pengelola cendekia sekali memakai kondisi dengan merekrut pegawai wanita muda dari desa yang parasnya cantik. 

Pengelola juga mengutamakan untuk memberi service yang baik pada setiap pendatang. Tujuannya, setelah mereka duduk di dingklik eksklusif di tanyakan makanan atau minuman apa yang ingin di sajikan. Alhasil, keuntungan usaha dari kawasan itu bukan hanya 2 x lipat, tetapi mampu lebih dari itu. 

Membuka rumah makan memang peluang paling menjanjikan dibanding usaha makanan yang lain. Prasyaratnya asal memiliki menu istimewa, kawasan strategis, kawasan nyaman & service memuaskan.

4. Rumah pun Bisa Jadikan Tempat Usaha 

Usaha ini tidak terlalu memerlukan kawasan yang strategis. Jadi, kawasan rumah sebagai kawasan usaha tidak harus di tepi jalan. Cukup buat plang pemberitahuan di tepi jalan ihwal usaha kita, alamat & nomer teleponnya. 

Jenis usaha yang dijalankan mampu catering. Bisa juga khusus terima pesanan makanan tertentu, sejenis kudapan manis lagi tahun, bolu pernikahan, brownies, nasi tumpeng & lain sebagainya. 

Tetapi, usaha ini sering membutuhkan sebuah armada untuk mengantar makanan pesanan. Karena tidak sering sekali pemesan yang mengambilnya sendiri ke tempat. Sebagian besar minta diantarkan sampai tujuan. 

Berikanlah saja ketidaksamaan harga untuk yang paket delivery atau ambillah sendiri. Jangan lupa, puaskan pelanggan dengan kwalitas rasa & tampilan makanan yang kita berikanlah sehingga meskipun usaha dirumah, kesinambungan usaha akan terus terbangun. 

Ingat, pemesan yang senang mampu melaksanakan seni administrasi mouth to mouth pada tetangga, rekan atau relasinya ihwal kwalitas makanan yang sudah beliau pesan. 

5. Tidak Memiliki Pengalaman, tetapi Memiliki Modal Cukup Besar 

Ambillah usaha franchise atau waralaba. Modal memang cukup besar karena kita membeli hak guna gunakan sebuah merk dagang, seluruhnya peralatan juga sudah disediakan. Kita tinggal menyewa tempat, mempersiapkan biaya produksi & upah karyawan. 
Keuntungan usaha franchise makanan cukup besar. 

Kita tidak memerlukan promosi lagi karena biasanya produknya sudah di kenal masyarakat. Sebagin besar barang makanan franchise yang banyak yang berminat yakni yang berbentuk makanan dengan sentuhan inovatif. Misalnya, burger, tetapi ada kombinasi nasi, daging & sayurannya. 

Pokoknya di buat berbeda dari biasanya. Apabila biasanya burger itu bersaus, maka burger inovatif di buat dengan bumbu beda, menyerupai semur, rendang atau sambal tradisional. Terkadang kekhasan itu juga dibarengi dengan gerobak jualannya yang penampilannya bagus. 

Hal yang harus diingat, usahakan usaha jenis ini memberi harga makanan yang mampu terjangkau masyarakat. Untuk mengambil keputusan mengambil franchise absurd atau lokal, tinggal melihat kekuatan dana & pertimbangan yang lain. 

Usaha franchise absurd memang jauh lebih mahal. Kisarannya antara 10 juta sampai mencapai angka milyaran rupiah, tetapi usaha makanan lokal banyak yang jauh lebih murah. Bahkan ada yang cukup bermodalkan 5 juta saja. Jadi, silahkan pilih-pilih saja. 

Semoga informasi dalam artikel yang berjudul Beragam Cara Membuka Usaha Makanan ini berguna. Selamat mencoba.
Recent Search Term : cara memulai bisnis makanan cara membuka usaha makanan cara memulai bisnis makanan ringan cara membuka usaha makanan dengan modal kecil cara buka bisnis makanan cara memulai bisnis makanan online cara membuka usaha makanan kecil-kecilan cara memulai bisnis makanan kemasan cara memulai bisnis makanan beku cara membuka usaha makanan cepat saji cara membuka bisnis makanan bagaimana cara memulai bisnis makanan bagaimana cara membuka usaha makanan bagaimana cara memulai bisnis makanan ringan bagaimana cara memulai usaha makanan bagaimana cara buka usaha makanan cara buka usaha makanan di mall cara memulai usaha dagang makanan cara memulai bisnis franchise makanan cara memulai usaha jual makanan cara memulai usaha jualan makanan cara memulai bisnis makanan kecil cara membuka usaha makanan kecil cara buka usaha makanan kecil cara memulai usaha makanan kemasan cara memulai usaha warung makanan

Latest

Blog Archive

Hit Me