Responsive Ad Slot

Entri yang Diunggulkan

Info : Cara Menjadi Pemandu Wisata Yang Baik

Ingin menjadi Pemandu Wisata yang berhasil. , Bekerja di  dalam ruangan, dan duduk berhadapan dengan meja serta tumpukan buku atau pun ber...

Ads Slot

Info : Tips Praktis Pembuatan Jamur Merang

Selasa, 29 September 2015

Belakangan usaha jamur merang mulai disukai masyarakat. Trend usaha jamur merang ini terlebih didorong huruf bidang ini yang tidak memerlukan modal yang besar & banyaknya seruan pasar yang belum dapat dipenuhi. Yang juga tidak kalah menaiknya ialah pembuatan jamur merang mudah dilakukan & cepat pula masa panennya. 


Untuk menghasilkan jamur merang, kita harus sediakan kumbung atau ruangan untuk budidaya. Ruangan kumbung ini dapat memakai ruangan yang ada di sekitar rumah atau mungkin dengan menyewa ladang. Ukurannya juga mampu disesuaikan, tetapi biasanya luas satu kumbung sekitar 6 x 4 meter persegi. Kemudian buat penyangga sekurang-kurangnya 50 cm dari atas tanah, di mana di atasnya dapat ditempatkan satu atau dua larikan untuk daerah budidaya jamur merang.

Setelah itu, kumbung dilapisi dengan plastik polyetilin secara menyeluruh, baik bab atas atau atap ataupun seluruh bab samping. Hal ini penting untuk mencegah supaya basil maupun serangga pengganggu tidak dapat masuk kumbung, sehingga pembuatan jamur merang akan membuahkan hasil yang berkwalitas. Sedang untuk menjaga suhu & kelembapan kumbung, buat susunan luarnya dengan tembok, bambu anyaman, atau pun stereofoam.

Media Tanam

Untuk media tanamnya, dapat memakai beraneka macam jenis, ibarat jerami, enceng gondok, batang jagung, kelaras atau gedebog pisang, ataupun kapas afkiran yang murah. Campur salah satu media tanam itu dengan beberapa materi yang lain untuk dijadikan kompos. Bahan campurannya mencakup kapur & dedak.

Setelah media tanam tercampur & siap, lalu tempatkan ke dalam larikan di kumbung yang sudah disediakan. Buat berbentuk gundukan memanjang dengan tinggi puncak sekitar 40 cm. Setelah itu diamkan kompos jerami dasar ini selama sekitar 10 hari. Jangan lupa lapisi bab atasnya dengan kompos kombinasi kapas afkiran sekitar 1/2 sentimeter.

Setelah didiamkan, bersihkan seluruh areal kumbung sebelum ditanami, khususnya lantai dasarnya supaya bebas dari bakteri. Lakukan pasteurisasi atau sterilisasi dengan menyetem gundukan kompos yang akan ditanami. Sertakan seluruhnya peralatan penanaman dikala sterilisasi. Pasteurisasi dilakukan pada suhu sekitar 70 derajat celcius selama sekitar 5 jam. Setelah itu biarkan kumbung selama 1 hari sebelum ditanami bibit.

Penanaman & Pertumbuhan

Untuk bibit jamur merang dapat diperoleh di toko pertanian ataupun di dinas pertanian setempat. Taburkan bibit jamur secara rata hingga dua pertiga gundukan dalam larikan. Lakukan penebaran ini dikala sore hari supaya tidak terlalu panas. Usahakan pH media netral. Setelah 3 atau 4 hari semenjak tanam akan mulai berkembang miselium.

Untuk menghasilkan hasil yang berkwalitas, dalam pembuatan jamur merang ini harus selalu dilihat pertumbuhannya. Lakukan penyiraman sekitar 3 atau 4 hari sekali semenjak tumbuh miselium & lakukan pada siang hari. Setiap pagi buka jendela kumbung sekitar 15 hingga 30 menit untuk melindungi suhu & kelembapan ruang sekitar 34 hingga 36 derajat Celsius.

Setelah berusia 8 hingga 14 hari, jamur merang siap di panen. Usahakan jangan memanen apabila bentuk jamur masih menawarkan ada benjolan. Jamur yang siap panen & berkwalitas memiliki bentuk bundar rata ibarat telur. Amati juga dikala pemotongan supaya tidak mencabut hingga ke akarnya. Sisanya sedikit supaya media tidak rusak.
Recent Search Term : ####

Latest

Blog Archive

Hit Me