Responsive Ad Slot

Entri yang Diunggulkan

Info : Cara Menjadi Pemandu Wisata Yang Baik

Ingin menjadi Pemandu Wisata yang berhasil. , Bekerja di  dalam ruangan, dan duduk berhadapan dengan meja serta tumpukan buku atau pun ber...

Ads Slot

Info : Pembudidayaan Jamur Merang

Selasa, 29 September 2015

Jamur merang merupakan salah satu spesies jamur yang sudah di kembangkan oleh masyarakat Asia Tenggara semenjak puluhan tahun yang lalu. Karena jamur jenis ini memiliki rasa yang enak & disenangi oleh banyak orang. Sehingga, orang melihatnya sebagai prospek usaha yang menjanjikan dalam pembudidayaan jamur merang.

Dalam pembudidayaan jamur merang, produktivitas sangat di pengaruhi oleh kwalitas & media jamur merang. Untuk meningkatkan kwalitas media, pakai bahan-bahan makanan diluar nutrisi guna penambahannya. Makanan yang berasal dari luar nutrisi media jamur, akan mempercepat pertumbuhan misellium jamur merang.


Supaya jamur memiliki nilai ekonomi yang tinggi, maka pembudidayaan jamur merang harus melihat media yang dipakai dalam pembibitan. Media yang dipakai tidak harus mahal, yang paling penting kebutuhan nutrisinya tercukupi. Misalnya memakai biji-bijian sereal.

Hal Yang Perlu Di Perhatikan Dalam Pembudidayaan

Beberapa tips tehnik pembudidayaan jamur merang yang harus di ketahui oleh petani jamur merang & yang akan mencoba usaha ini yaitu pembibitan & media tanam :

Pembibitan
Dalam tehnik pembudidayaan jamur merang, yang menjadi perhatian lebih yaitu pada dikala cara pembuatan bibit. Kwalitas jamur pada pembudidayaan jamur merang yang baik ditentukan oleh bibit jamur yang digunakan. Karena bibit merupakan faktor paling utama dalam peningkatan produksi. Faktor lain yang juga memengaruhi pertumbuhan bibit jamur mencakup ; suhu, kelembapan, pH, cahaya. Cara pengadaan bibit jamur selain secara invitro untuk biakan murni juga perbanyakan untuk memperoleh bibit F2 & F3 sebagai materi starter sangat diharapkan dalam pembudidayaan jamur merang.

Sampai sekarang ini untuk pembuatan bibit jamur merang belum begitu banyak dilakukan oleh petani jamur, sehingga untuk memenuhi kebutuhan akan bibit jamur masih bergantung pada pengusaha bibit jamur merang. Walau sebenarnya, apabila dilakukan dengan mencari pengetahuan & membuat bibir jamur secara berdikari maka biaya produksi jamur merang akan lebih murah.

Media tanam 
Media tanam sangat punya pengaruh pada keberhasilan perkembangan jamur sehingga berbentuk tubuh buah. Untuk membuat media tumbuh jamur yang baik tidak cuma jerami saja yang dibutuhkan, tetapi perlu menambahkan urea, bekatul & pupuk kandang.

Dalam Pembudiayaan jamur merang, media tanam yang mampu dipakai dalam pembudidayaan jamur merang misalnya : serbuk gergaji, jerami, biji-bijian menyerupai padi, jagung, & kacang-kacangan. Dengan media bibit dari biji-bijian kebutuhan nutrisi bibit dapat tercukupi.

Media yang baik yaitu media yang dapat menyediakan nutrisi yang diharapkan untuk pertumbuhan & perkembangan jamur. Hal ini alasannya yaitu jamur merupakan organisme heterotof, yakni menerima semua zat-zat makanan yang ada pada media tumbuhnya. Oleh alasannya yaitu itu, perlu dilakukan menambahkan zat makanan dari luar khususnya karbohidrat.

Mengingat materi baku media tanam sangat memengaruhi pertumbuhan jamur, alasannya yaitu dengan media tanam yang sesuai jamur akan tumbuh subur terutama yang mengandung karborhidrat ataupun berbentuk selulosa. Sehingga penentuan media yang sempurna akan mempercepat pertumbuhan jamur.
Recent Search Term : ####

Latest

Blog Archive

Hit Me