Responsive Ad Slot

Entri yang Diunggulkan

Info : Cara Menjadi Pemandu Wisata Yang Baik

Ingin menjadi Pemandu Wisata yang berhasil. , Bekerja di  dalam ruangan, dan duduk berhadapan dengan meja serta tumpukan buku atau pun ber...

Ads Slot

Info : Pembuatan Bibit Jamur Merang

Selasa, 29 September 2015

Pembuatan bibit jamur merang tentu merupakan perhatian paling utama bagi Teman-teman yang ingin bergerak dalam usaha budidaya jamur merang. Memang, dengan semakin menambahnya jumlah penggemar makanan serba jamur di Indonesia. Memberi imbas faktual pada tingginya undangan pasar akan jamur. Satu diantaranya yakni jamur merang.


Semakin banyak juga orang yang tergerak untuk mempunyai bisnis sampingan gres ini. Yakni budidaya jamur merang tentu, yang diawali dengan pembuatan bibit jamur merang. Pelaku bisnis yang ikut budidaya jamur merang biasanya yakni mereka yang tinggal di sentra-sentra pertanian menyerupai Karawang yang populer sebagai lumbung padi. 

Merang yang merupakan malai padi yang sudah di ambil bulir-bulir gabahnya merupakan media tanam yang sangat baik. Juga untuk pembuatan bibit jamur merang. Tidak heran apabila jamur yang lebik baik dipetik saat masih kuncup ini, menerima namanya dari media daerah tumbuhnya ini.

Pilihan Bibit

Saat sebelum menanam jamur diatas media tanam, petani jamur pasti memerlukan bibit untuk disebar. Untuk bibit jamur ada dua pilihan yang ada :
  • Teman-teman mampu melaksanakan pembuatan bibit jamur merang sendiri. Untuk proses pembuatan bibit jamur merang yang akan disemai di media tanam ini, pasti ada langkahnya sendiri. Yang biasanya dengan diawali menentukan spora jamur-jamur paling baik yang kemudian akan di kumpulkan untuk dijadikan akan bibit. 
  • Biasanya petani yang mempunyai bisnis budidaya jamur merang bertaraf besar, terlebih mereka yang anggota gabungan kelompok tani jamur merang. Melakukan pembuatan bibit jamur merang sendiri. Karena cara ini dianggap mampu menghemat biaya produksi. Dan nilai plusnya yakni mutu bibit jamur juga mampu lebih terjaga.
  • Teman-teman mampu membeli bibit jamur siap tanam. Apabila teman-teman termasuk juga ke kelompok petani jamur merang pemula. Atau Teman-teman hanya membudidayakan jamur merang dalam skala kecil saja. Baiknya teman-teman menggunakan bibit jamur yang siap tanam. Teman-teman tidak perlu repot untuk menanti proses pembuatan bibit jamur merang dulu. Hal ini tentu jauh lebih praktis & lebih rendah resiko kegagalannya. 
  • Dari sisi biaya, hal ini juga jauh lebih murah. Teman-teman mampu memperolehnya dengan cara pesan atau membeli bibit jamur yang sudah siap tanam. Bibit jamur merang ini dapat dipesan pada dinas pertanian, pedagang khusus bibit jamur merang, atau pada institusi pendidikan menyerupai fakultas pertanian.

Latest

Blog Archive

Hit Me