Responsive Ad Slot

Entri yang Diunggulkan

Info : Cara Menjadi Pemandu Wisata Yang Baik

Ingin menjadi Pemandu Wisata yang berhasil. , Bekerja di  dalam ruangan, dan duduk berhadapan dengan meja serta tumpukan buku atau pun ber...

Ads Slot

Info : Peluang Bisnis Toko Buku Bekas

Senin, 28 September 2015

Apa Teman-teman pernah coba membeli buku di toko buku bekas? Mungkin saja beberapa orang akan menjawab dengan cukup menggelengkan kepala. Dan beberapa yang lain malah mengernyitkan kening ketika di olok-olokan pertanyaan menyerupai itu. Bahkan juga mungkin saja memberi balasan dengan nada yang menunjukkan keheranan atau bahkan juga menyepelekan.

Romantika Barang Bekas 

Barang bekas, barang loakan, barang second & apa pun penyebutannya, memang sering dikira sebagai barang kelas dua. Meskipun sebetulnya tidak sedikit dari beberapa barang bekas itu yang masih tetap layak gunakan, mempunyai kwalitas yang masih tetap lumayan & masih tetap cukup baik. Dan tidak dapat ditampik bahwa ada sebagian besar orang yang ternyata menyukai berburu barang bekas. Sekalipun orang itu termasuk juga orang yang cukup berduit.

Dan banyak barang bekas yang biasa diburu itu adalah, buku bekas best seller, gaun bekas punya beberapa artis, koin bekas bernilai sejarah & sebagainya.

Bukti gampangnya, barang bekas impor yang masuk ke Indonesia sungguh beragam. Beberapa waktu itu bahkan juga pernah musim pakaian bekas dari luar negeri. Sentra-sentra penjualan pakaian bekas menyerupai Cimol di Bandung (saat ini sudah pecah ke beberapa penjuru kota Bandung). Diantaranya beredar di Pasar Senen (Jakarta), atau Monza (Medan). & ke dua daerah itu, hebatnya tidak pernah sepi pengunjung.

Ini jadi bukti bahwa barang bekas laris di jual, masih tetap layak diperebutkan oleh konsumen di Indonesia.

Toko Buku Bekas 

Bagaimana halnya dengan buku bekas? Apakah berjualan atau melaksanakan bisnis usaha jual-beli buku bekas masih tetap cukup berpeluang?

Beberapa tahun lalu, toko buku bekas mungkin saja masih tetap sama dengan beberapa toko sempit di lokasi Pasar Senen, Kwitang & Taman Ismail Marzuki (Jakarta), Titi Gantung (Medan), Palasari (Bandung), Taman Pintar (Yogyakarta) atau beberapa toko serupa di beberapa kota yang lain.

Saat ini juga toko- toko buku bekas sejenis ini masih tetap ada. Pasti alasannya ada konsumennya. Apabila tidak ada, pasti sudah bangkrut semenjak dahulu. Tetapi kenyataannya, beberapa toko menyerupai ini masih tetap ada, bahkan juga semakin banyak.

Di beberapa sudut-sudut kios yang berjejalan di area-area universitas. Akan pasti dapat Teman-teman dapatkan beberapa toko buku bekas. Terlebih bila yang di jual yaitu buku-buku yang betul-betul limited edition & juga dipakai sebagai buku contoh mata kuliah tertentu. Maka sudah pasti toko buku ini akan di serbu oleh para mahasiswa. Walau notabene merupakan toko buku yang menjual buku-buku bekas. Tetapi demikianlah fakta yang terjadi.

Di beberapa daerah toko atau kios buku bekas, adakala dilengkapi dengan sarana photo copy. Sehingga untuk yang memang tidak ingin mempunyai buku itu atau tidak terlalu membutuhkan keseluruhnya isi buku itu. Dapat saja hanya memfoto copy beberapa isi buku bekas yang diharapkan saja. Sangatlah praktis bukan? Dan di sinilah dituntut kejelian dari kreativitas beberapa pebisnis toko & kios buku bekas. Supaya senantiasa dapat berafiliasi & merespon keperluan beberapa mahasiswa.

Tidak hanya toko & kios buku bekas yang bangun dengan cara fisik & mampu kita datangi dengan cara langsung. Toko buku-buku bekas juga ketika ini mudah didapati didunia maya. Ya, toko buku online juga banyak yang menyampaikan buku-buku bekas.


Peluang Bisnis Toko Buku Bekas 

Membuka toko atau kios buku bekas? Kenapa tidak? Apabila kita jeli mencari & menilainya satu buku, kita mampu menemukan buku bekas bernilai emas di tumpukan gerobak tukang loak.

Selain menerima dari tukang loak, buku-buku bekas yang akan kita jual di kios buku bekas punya kita dapat di peroleh dari perpustakaan (biasanya perpustakaan besar mempunyai kegiatan penyiangan koleksi biar tidak terlampau menumpuk), dari keluarga tokoh, cendikiawan, penggemar buku & sebagainya yang gres meninggal dunia.

Terkadang pihak keluarga almarhum/almarhumah tidak tahu harus melaksanakan apa dengan koleksi buku punya almarhum/almarhumah yang bejibun. Walau sebenarnya, koleksi buku seseorang penikmat buku mampu jadi merupakan harta karun yang sangatlah bernilai.

Menjual buku bekas juga memiliki tantangan sendiri. Contohnya : keadaan buku yang sudah tidak mulus bahkan juga rapuh, buku yang sudah berjamur, beberapa sisi lepas& sebagainya. Sebaiknya kita :
  1. Dapat melaksanakan perbaikan penampilan fisik buku bekas itu, atau sekurang-kurangnya mengusahakan biar rusaknyanya tidak makin parah.
  2. Memisahkan buku berdasar pada kondisinya. Jauhkan buku yang kondisinya masih indah dari buku yang berjamur biar tidak ikut terserang jamur.
  3. Memisahkan buku kuno yang lembaran kertasnya sudah rapuh biar tidak gampang rusak alasannya keteledoran kita sendiri.
  4. Apabila menjual buku bekas dengan cara online, janganlah lupa jabarkan dengan cara detil pada calon konsumen ihwal buku bekas yang akan kita jual.
Bagaimana tertarik untuk mencoba peluang membuka toko buku bekas?
Recent Search Term : bisnis jual beli buku bekas peluang usaha toko buku bekas usulan usaha toko buku bekas bisnis toko buku bekas

Latest

Blog Archive

Hit Me