Responsive Ad Slot

Entri yang Diunggulkan

Info : Cara Menjadi Pemandu Wisata Yang Baik

Ingin menjadi Pemandu Wisata yang berhasil. , Bekerja di  dalam ruangan, dan duduk berhadapan dengan meja serta tumpukan buku atau pun ber...

Ads Slot

Info : Mengetahui Klasifikasi Jamur Merang

Selasa, 29 September 2015

Sebelum mengetahui penjabaran jamur merang, ada kalanya kita kenali terlebih dulu bagaimanakah morfologi jamur. Jamur merupakan tumbuhan berinti, berspora, tidak berklorofil, berbentuk sel atau benang-benang. Melewati dinding selulosa atau khitin bahkan dari keduanya. Jamur mampu berkembangbiak secara seksual & aseksual.

Satu helai benang disebut hifa sedang kumpulan dari hifa disebut miselium. Hifa atau meselium ini merupakan jaringan-jaringan tanaman. Pada hifa atau miselium yang akan menghasilkan tubuh buah yang merupakan alat pembiak yang disebut spora

Mengenai bentuk jamur banyak sekali macam, ada yang berbentuk menyerupai payung yang terbagi dalam tudung, bilah, cicin, batang, cawan, & akar semu. Jamur yang sudah memiliki tubuh lengkap yaitu yang sudah berbentuk bilah, kulit kerang, bunga karang maupun payung. Sedang pada bab tubuhnya tidak dibagi hanya pada letak hifa pada substrat, bagian-bagian tubuhnya yang disebut akar semu (rhizoid), cawan (vulva), cicin (anulus), bilah (lamela), tangkai (stupa) & tudung (pileus). Bentuk tubuh jamur inilah yang biasanya jadikan sebagai dasar penjabaran jamur merang (jamur).


Siklus hidup jamur bermula dari spora (basidiospora) yang kemudian akan berkecambah membentuk hifa yang berbentuk benang-benang halus. Hifa ini akan tumbuh keseluruhnya pada bab media tumbuh. Kumpulan hifa atau meselium akan membentuk gumpalan kecil menyerupai benang yang membuktikan bahwa tubuh jamur mulai terbentuk.

Bentuk hifa & pertumbuhan dapat terus meluas atau melebar sesuai dengan kedalaman substratnya sampai membentuk tubuh buah yang faktual sebagai organisme yang tidak berklorofil. Jamur tidak dapat melaksanakan proses fotosintesis menyerupai halnya tumbuh-tumbuhan lain, sehingga jamur tidak dapat memakai pribadi energi matahari.

Klasifikasi Jamur Merang 

Binomial nomenklatur sudah mengambil keputusan ketentuan penulisan nama ilmiah untuk pengklasifikasian makhluk hidup. Umpamanya wajib terbagi dalam dua nama, ditulis miring atau digarisbawahi, & lain sebagainya. Bagaimanakah dengan penjabaran jamur merang? 

Binomial nomenklatur sudah menetapkan peraturan penulisan nama ilmiah untuk pengklasifikasian makhluk hidup. Misalnya harus terbagi dalam dua nama, ditulis miring atau digarisbawahi, & lain sebagainya. Bagaimanakah dengan penjabaran jamur merang?

Untuk mengetahui penjabaran jamur merang, adakalanya kita menyimak penjabaran jamur merang yang ditulis oleh Singer (1975), yakni sebagai berikut :

Divisio : Mycota 
Sub Divisio : Eumycetes 
Klas : Basidiomycetes 
Sub klas : Homobasidiomycetes 
Ordo : Agaricales 
Famili : Pluteaceae 
Genus : Volvariella
Spesies : Volvariella volvaceae Bull 

Jamur merang merupakan jamur yang di kenal enak & dijadikan materi makanan di Asia Tenggara, terutama di Indonesia. Tetapi tidak seluruhnya jamur mampu dikonsumsi, maka dari itu kita perlu tahu penjabaran jamur merang agar kita mampu menggunakan sebagai materi makanan.

Di Indonesia jamur merang merupakan komoditi yang memiliki prospek yang sangat baik untuk di kembangkan, baik untuk ekspor maupun untuk memenuhi undangan pasar dalam negeri yang terus meningkat. kecenderungan pengembangan yang semakin luas & meningkat, alasannya dipegang oleh tiga jenis jamur yang mempunyai nilai tinggi yakni : jamur merang (Volvariella volvacea), champignon (Agaricus divoporus), shiitake (Lentinus edodos).
Recent Search Term : ####

Latest

Blog Archive

Hit Me