Responsive Ad Slot

Entri yang Diunggulkan

Info : Cara Menjadi Pemandu Wisata Yang Baik

Ingin menjadi Pemandu Wisata yang berhasil. , Bekerja di  dalam ruangan, dan duduk berhadapan dengan meja serta tumpukan buku atau pun ber...

Ads Slot

Info : Manfaat dan Budidaya Jamur Kuping

Selasa, 29 September 2015

Jamur kuping yaitu salah satu makanan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat moderen sekarang ini. Umumnya orang konsumsi jenis jamur yang satu ini karena banyak manfaat wacana jamur yang ditulis di beberapa artikel-artikel kesehatan. Jamur kuping yang pada zaman dulu diabaikan & dianggap parasit. Tetapi, ternyata sekarang ini jadi barang yang diburu oleh banyak orang untuk di ambil manfaatnya dan dibudidayakan untuk memperoleh pendapatan. 

Bentuk Jamur Kuping

Jamur kuping yang termasuk juga dalam kelas Agaricomycetes ini mempunyai karakteristik & bentuk yang unik. Apabila dalam situasi segar, maka memiliki bentuk menyerupai gelatine yang kenyal & berbentuk hampir menyerupai dengan bentuk kuping orang. Tetapi apabila sudah dikeringkan, maka bentuk tubuh jamur ini akan sekeras tulang.

Bentuk umum jamur yang menyerupai kuping orang ini kadang waktu juga berupa menyerupai mangkok dengan diameter sekitar dua sentimeter hingga lima sentimeter & berdaging tidak tebal. Biasanya warna jamur ini yaitu coklat kehitaman, coklat renta & bahkan juga ada yang berwarna hitam pekat.

Jamur yang dikonsumsi & laku untuk dibudidayakan biasanya yaitu jamur yang berwarna coklat dibagian atasnya & berwarna hitam di adegan bawahnya dan mempunyai ukuran yang tidak terlampau kecil & juga tidak terlampau besar.

Siklus Hidup Jamur Kuping

Semua tumbuhan & makhluk hidup yang ada didunia ini pastilah mempunyai siklus hidupnya sendiri-sendiri. Begitupun dengan jamur kuping. Siklus hidup jamur ini diawali ketika jamur yang renta menghasilkan spora yang berjumlah banyak, ringan & kecil. Ketika spora itu jatuh ke tanah atau ke beberapa daerah yang sesuai dengan habitat tumbuhnya, maka spora itu akan berkembang jadi kecambah & membuat miselium-miselium. Bagian Siklus Hidup Jamur, yakni sebagai tersebut. :
  1. Miselium primer akan berkembang & alami pertumbuhan jadi besar & makin banyak.
  2. Miselium ini akan berkembang jadi miselium sekunder yang ditandai dengan penebalan pada miselium yang disebut primodial di mana diamaternya akan berkembang jadi 0, 1 cm.
  3. Primodial bakal mulai membuat kuncup tubuh buah.
  4. Kuncup tubuh buah jamur itu akan alami pembesaran & berjalan selama tiga hingga lima hari.
  5. Dari primodial yang terus alami pertumbuhan inilah yang pada jadinya membuat tubuh buah yang berbentuk melebar & ketika sudah renta akan dapat segera dipanen.

Manfaat Jamur Kuping

Jamur kuping yang pada zaman dahulu hanya dikira juga sebagai benalu & tanaman tidak berkhasiat ini kenyataannya memiliki manfaat yang sangat kaya yang mampu mengobati bermacam penyakit. Dibawah ini yakni manfaat dari jamur ini yang biasanya dipakai oleh orang, yaitu :
  1. Pada ketika jamur dipanaskan, maka jamur ini akan keluarkan lendir yang fungsinya sebagai penangkal toksin baik toksin yang berasal dari nabati, toksin peptisida yang ikut termasuk juga ke tubuh lewat makanan ataupun toksin yang berasal atau berbentuk logam berat. Karena itulah banyak kuliner Cina yang memakai jamur ini untuk menangkar toksin yang terbawa masuk ke tubuh lewat beragam makanan yang dikonsumsi.
  2. Lendir yang dihasilkan dari jamur yang dipanaskan juga sangat bagus untuk mencegah & menghalangi terjadinya penggumpalan darah didalam tubuh.
  3. Kandungan senyawa pada jamur ini biasanya dapat mencegah berkembangnya pertumbuhan beberapa sel kanker didalam tubuh.
  4. Penyakit darah tinggi & pengerasan pembuluh darah disebabkan terjadinya penggumpalan darah didalam tubuh dapat diatasi dengan konsumsi jamur kuping yang dimasak & dikonsumsi secara teratur.
  5. Pada problem buang air besar yang tidak lancar dapat diatasi dengan konsumsi jamur ini karena jamur ini kaya akan serat yang sangat bagus untuk kesehatan pencernaan.
  6. Pada problem buang air besar yg tidak lancar mampu diatasi dengan mengkonsumsi jamur ini lantaran jamur ini kaya serat yang sangatlah bagus untuk kesehatan pencernaan.
  7. Apabila kita mengalami haid atau datang bulan yang tidak teratur, maka pencampuran jamur ini pada makanan dapat membantu menangani problem karena datang bulan yang tidak lancar ini.

Budidaya Jamur Kuping


Peluang budidaya jamur sekarang ini sangat terbuka lebar & menjanjikan keuntungan besar bagi para pebisnis ini. Tidak cuma untuk budidaya jamur kuping, tetapi budidaya jamur yang lain menyerupai jamur tiram. Jamur merang juga mengalami penambahan karena sudah di ketahuinya manfaat yang sangat baik dari konsumsi jamur. Jamur ini jadi favorite setelah pembudidayaan jamur merang karena jamur ini mampu hidup & tumbuh subur baik pada isu terkini hujan ataupun isu terkini panas. Atau mungkin dengan kata lain dapat disebutkan bahwa jamur ini mampu hidup di semua musim.

Untuk dapat membudidayakan jamur ini, maka persiapan yang harus dilakukan yaitu sediakan media tanam yang sempurna yakni berbentuk serbuk kayu yang biasanya mampu kita peroleh dengan gampang di beberapa daerah penggergajian kayu. Pemakaian media tanam yang berbentuk serbuk kayu ini sangat diminati karena jamur yang di tanam di media kayu menghasilkan kwalitas jamur yang lebik baik dibanding dengan jamur yang di tanam di media yang lain. Selain serbuk gergaji dari kayu itu, yang dibutuhkan untuk pengembangan jamur ini yaitu bekatul, kapur & air.

Media Tanam Jamur Kuping

Masukkan serbuk kayu yang sudah melalui proses fermentasi ke kantong plastik atau polybag yang sudah disiapkan. Media tanam ini lewat proses fermentasi antara tiga hingga lima hari hingga media tanam itu mengalami penambahan suhu hingga tujuh puluh derajat celcius.

Padatkan media tanam itu dengan alat pengepres atau pukul-pukullah polybag dengan memakai botol bekas hingga polybag itu membuat baglog. Setelah proses pemadatan media usai, maka gunakanlah cincin atau ring dibagian atas plastik. Supaya baglog ini tidak kemasukkan air ketika sterilisasi, maka tutuplah adegan atas plastik yang di beri ring td dengan kapas. Uapi baglog yang sudah ditutupi kapas itu dalam suhu 95°C hingga 120°C selama enam hingga delapan jam. Setelah proses stereilisasi ini selesai, maka tahap setelah itu yang akan dilakukan yakni inokulasi atau penanaman.

Bibit Jamur Kuping

Bibit yang akan ditanam di media baglog yang sudah disediakan sebaiknya bibit pilihan yang berkwalitas. Biasanya bibit jamur kuping ini sudah ada yang siap beli. Tetapi, apabila kita membiakkan bibit jamur ini sendiri, maka kita mampu memakai hasil biakkan itu.

Bibit jamur yang akan ditanam juga harus melewati proses sterilisasi semoga terlepas dari beragam organisme yang nanti akan mengganggu pertumbuhan miselium. Setelah proses sterilisasi usai, maka bibit jamur yang sudah ditanam akan masuk tahap inkubasi yang memakan waktu empat hingga delapan ahad dengan suhu 28°C hingga 35°C. Tunggu hingga lima minggu. Setelah lima ahad ketika inkubasi & tidak ada tanda tanda pertumbuhan miselium, maka proses penanaman itu dianggap gagal sehingga kita harus mengulangi lagi proses penanamanya mulai semenjak awal.

Apabila proses inkubasi sukses, maka setelah itu yang harus dilakukan yaitu memindahkan baglog ke ruangan lumbung jamur yang sudah disediakan. Melakukan pelubangan baglog & mulai melaksanakan penyiraman semoga jamur ini dapat tumbuh dengan subuh. Penyiraman mampu dilakukan dua hingga empat kali satu hari.

Jamur kuping yang siap dipanen yaitu jamur yang tumbuh subur & tampak mengalami perkembangan yang baik. Pemanenan ini sangat gampang dilakukan karena tinggal mencabut jamur pribadi dengan akarnya semoga tidak mengganggu pertumbuhan jamur generasi selanjutnya. Oleh karena satu kali pembuatan baglog & penanaman bibit jamur ini sukses, maka proses pertumbuhan jamur pada baglog itu akan terus terjadi selama spora biakkan dapat tumbuh subur & diikuti dengan perawatan yang baik dalam mencegah semoga tanaman jamur ini tidak terkontaminasi & mati.
Recent Search Term : analisa usaha budidaya jamur kuping budidaya jamur kuping dengan batang kayu budidaya jamur kuping dengan media kayu budidaya jamur kuping dengan serbuk gergaji budidaya jamur kuping ebook unduh budidaya jamur kuping rumahan budidaya jamur kuping secara alami budidaya jamur kuping sederhana budidaya jamur kuping untuk pemula budidaya jamur kuping yang baik budidaya jamur kuping yogyakarta budidaya jamur kuping youtube budidaya jamur kuping.doc unduh video budidaya jamur kuping video budidaya jamur kuping video cara budidaya jamur kuping wirausaha budidaya jamur kuping www budidaya jamur kuping

Latest

Blog Archive

Hit Me