Responsive Ad Slot

Entri yang Diunggulkan

Info : Cara Menjadi Pemandu Wisata Yang Baik

Ingin menjadi Pemandu Wisata yang berhasil. , Bekerja di  dalam ruangan, dan duduk berhadapan dengan meja serta tumpukan buku atau pun ber...

Ads Slot

Info : Kumbung Jamur Merang

Selasa, 29 September 2015

Kumbung jamur merang yaitu nama lain untuk daerah pembudidayaan jamur merang. Rumah jamur atau kumbung jamur merang ini sengaja di buat khusus untuk mampu menanam jamur tanpa dipengaruhi musim. Karena apabila ikuti cara panen tradisional, petani hanya mampu memetik jamur merang pada ekspresi dominan panen padi saja.


Sekarang dengan adanya pembudidayaan jamur merang secara moderen dengan memakai kumbung jamur merang ini, maka panen jamur merang dapat dilakukan selama tahun. Tanpa terpengaruh oleh ekspresi dominan tanam padi & iklim. Sehingga banyak orang yang bukan petani pun ikut terjun dalam usaha budidaya jamur ini. 

Material Kumbung Jamur Merang

Kumbung jamur merang biasanya di buat dari bambu, kayu atau bahkan besi. Bergantung pada kekuatan modal awal teman-teman yang ingin terjun dalam bisnis budidaya jamur merang. Kumbung ini berbentuk persegi yang di buat sesuai ukuran ladang yang ada atau sesuai harapan teman-teman.

Dinding bab luar kumbung biasanya yaitu berbentuk anyaman bambu, atau mampu juga berbentuk kain yang mampu di buka tutup. Tujuannya yaitu untuk mengatur masuknya cahaya matahari. Sehingga intensitas cahaya yang dibutuhkan untuk perkembangan hidup jamur mampu di atur.

Bedengan Jamur Merang

Didalam kumbung inilah disusun media tumbuh jamur merang tadi. Yang dihamparkan diatas rak-rak yang tersusun rapi berbentuk bedengan yang bertingkat. Biasanya ada dua tingkat bedengan. Diatas bedengan inilah yang kemudian disemaikan bibit jamur merang diatasnya.

Sebelum bibit disemai, disiapkan dahulu media tanam yang berasal dari limbah merang atau media tanam lain yang memenuhi syarat. Biasanya media tumbuhnya yaitu berbentuk jerami yang sudah dikomposkan yang di campur dengan limbah kapuk. Perbandingannya yaitu 2 :1. Setelah itu di beri kapur 1-2 %.

Caranya : basahi jerami, timbun di atas lantai bersama kapur. Lalu ditutup dengan plastik berbentuk polybag selama lima hari. Setelah lima hari, timbunan itu di buka & di balik kemudian ditambah dengan bekatul. setelah itu gres dihamparkan diatas bedengan yang kemudian ditutup dengan plastik polybag selama empat hari.

Hal ini berfungsi untuk melaksanakan fermentasi. setelah itu media tanam tadi diberi komplemen dengan limbah kapas & limbah biji2an menyerupai biji kapuk, beras, kacang hijau, kedelai atau jagung. Setelah proses ini selesai, bedengan berisi media tanam ini ditempatkan diatas rak-rak didalam kumbung. Setelah itu proses selanjutnya yaitu sterilisasi yang mempunyai tujuan agar kumbung & media tumbuh tadi aman dari serbuan jamur lain, ngengat ingin pun bakteri.

Sterilisasi ini dilakukan dengan cara pasteurisasi. Media tanam berbentuk kompos & ruang dalam kumbung diuapi dengan uap panas hingga mencapai suhu 70 derajat celcius. Lama penguapan ini berjalan sekitar lima hingga tujuh jam. Setelah penguapan selesai, suhu media tanam terus dipertahankan 70 derajat celcius selama tiga jam.

Generator Uap Sederhana

Penguapan ini dilakukan dengan memakai generator uap yang dihubungkan dengan bab dalam kumbung jamur merang. Teman-teman tidak harus mengeluarkan banyak modal untuk membeli generator uap ini. Karena generator ini dapat di buat secara mandiri. Yakni dengan cara mengumpulkan drum-drum bekas yang kemudian di isi air. Lalu drum-drum tersebut dipanaskan dengan menggunakan kayu bakar.

Uap dari air yang dipanaskan dalam drum inilah yang kemudian dipakai untuk menguapi bab dalam kumbung & media tanam berbentuk kompos tadi. Setelah proses pateurisasi ini selesai, pintu kumbung jamur merang lalu dilewatkan terbuka agar udara segar mampu masuk. Maksudnya ialah untuk menurunkan suhu udara didalam kumbung. Setelah suhu udara mencapai 32-35 derajat celcius, maka penanaman bibit pun dapat diawali.

Temperatur Kumbung Jamur Merang

Selain itu temperatur didalam kumbung juga harus di atur, sesuai dengan temperatur yang dibutuhkan jamur merang untuk mampu tumbuh dengan baik. Demikian juga halnya dengan anutan udara. Hal ini juga harus di perhatikan, sehingga kumbung jamur merang juga perlu dilengkapi dengan jendela.
Recent Search Term : ####

Latest

Blog Archive

Hit Me