Responsive Ad Slot

Entri yang Diunggulkan

Info : Cara Menjadi Pemandu Wisata Yang Baik

Ingin menjadi Pemandu Wisata yang berhasil. , Bekerja di  dalam ruangan, dan duduk berhadapan dengan meja serta tumpukan buku atau pun ber...

Ads Slot

Info : Kerang Bahan Kerajinan Tangan Yang Unik

Rabu, 30 September 2015

Sisi kerang yang dipakai juga sebagai materi kerajinan tangan yang unik yakni cangkangnya. Kerang ada dua type yakni kerang betina & jantan. Mengenai yang dipakai juga sebagai materi basic kerajinan tangan yakni cangkang kerang betina dewasa. Cangkang yang jadikan materi basic itu mempunyai struktur unik untuk dibuat beragam pola. Pola-pola itu disusun jadi kerajinan tangan yang unik.
Mengenai type kerang yang umum dipakai yakni kerang simping. Pada awal mulanya cangkangnya dibikin bersih, lalu dicuci dengan pembilasan & ditambahkan bubuk natrium soda untuk menyingkirkan bau amisnya. Kemudian dijemur dengan cahaya matahari yang teduh biar tak terpapar panas dengan cara segera. Maksudnya biar cangkang simping tak retak-retak atau hancur.

Sistem Produksi Kerajinan Tangan Kerang

Tiap-tiap sistem produksi kerajinan tangan mempunyai sistem semasing. Di bawah ini sebagian sistem produksinya dari mulai poses pemilahan, pencucian, pengeringan, persiapan & pembuatan. Saat seluruhnya sistem produksi itu dikerjakan dengan jeli, jadi bakal membuahkan barang kerajinan tangan kerang yang unik & menggiurkan untuk dibeli oleh beberapa customer. Mengenai penjelasan semasing sistem produksi itu diantaranya. 

Sistem Pemilahan
Memercayakan kecermatan untuk pilih cangkang kerang betina sampaumur yang sudah mati. Cangkang betina sampaumur jadi pilihan untuk beberapa produsen kerajianan tangan kerang yang unik ini. Argumennya yakni lantaran lebar, tidak tipis & kokoh. Argumen yang lain yang paling utama yakni tak serapuh cangkang jantan. 

Sistem Pencucian
Sistem produksi ini dikerjakan bertahap. Pertama pencucian cangkang dibawah air mengalir atau wadah diisi air. Hal itu bermanfaat untuk menyingkirkan lumpur atau tanah yang menempel. Lalu step setelah itu dikerjakan pembilasan memakai bubuk natrium soda. Mengenai manfaat bubuk natrium soda itu yakni berperan untuk menyingkirkan busuk dari cangkang kerang. 

Sistem Pengeringan
Sesudah sistem produksi pada step pencucian usai, cangkang-cangkang itu dijemur dengan memakai screen. Maksudnya yakni biar tak terpapar cahaya matahari dengan cara segera. Tidak lain itu, dijemur pada ruangan terbuka mempunyai maksud biar kandungan air yang tersimpan cepat menguap.. 

Sistem Persiapan
Sistem persiapan meliputi semuanya produksi, layaknya mendisain pola-pola yang bakal dibuat. Misalnya terdapat banyak teladan dari mulai teladan kelopak bunga, teladan daun, kura-kura, sandal jepit, & dolpin. Dengan memotong sesuai sama bentuk yang di idamkan, mengikir halus tepinya, & terkadang butuh mengamplas. Juga mempersiapkan wadah atau media basic layaknya pada vas bunga, daerah tissue, jam dinding, & sebagainya. 

Sistem Pembuatan
Sesudah seluruhnya siap, Teman-teman mulai membuat sesuai sama teladan & jenis yang di idamkan. Umumnya sesuai sama gambar maupun design pada computer. Teman-teman tinggal ikuti misalnya. Terkadang cuma butuh menggabungan beragam bentuk teladan kelopak bunga, Membuat bentuk-bentuk karang atau keong kecil pada suatu botol mungil. Seluruhnya hasil bergantung kreativitas Teman-teman.

Beragam Hasil Kerajinan Tangan Yang Unik


Hasilnya yakni aneka macam kerajinan tangan yang unik. Unik & classic. Berarti tak lekang pada masa. Lantaran kerajinan tangan yang unik layaknya kulit kerang ini, tak merujuk satu periode atau kelompok spesifik saja. 

Disenangi kebanyakan orang dari kelompok umum hingga golongan elit. Seluruhnya senang pada kerajinan ini. Teman-teman mampu mengintip sebagian balasannya : 
  • Cangkang di buat pelapis daerah sabun, daerah tissue, vas bunga, kap lampu, kotak perhiasan, hiasan kaligrafi, gantungan kunci bingkai photo.
  • Keong-keong kecil di buat : gorden pintu/jendela, bunga kering minimalis. Tiruan dinosaurus, anjing pudel, bunga dalam pigura, tupai, angsa, & tiruan orang-orangan.
  • Kombinasi keong, lokan & remis memiliki ukuran tengah, membuat : hiasan dinding pada ruangan makan/keluarga. Pembentuk miniatur kapal. Juga sebagai pengisi jam dinding, atau juga sebagai hiasan dinding minimalis.
  • Lokan sampaumur jadi : hiasan pengganjal pintu. Terkadang jadi asbak rokok, atau pen holder.

Kelompok Pengrajin Kerajinan Tangan Kerang

Nelayan yakni promotor grup pengrajin kerang yang unik ini. Misalnya nelayan Sidoarjo yang membuat grup berdikari juga sebagai pengrajin kerang. Penggerak grup nelayan ini lalu ikuti ekspo handycraft untuk mempromosikan hingga di kenal oleh orang-orang. 

Di Brebes, beberapa nelayan mensuplai hasil kerajinan tangan ini di koperasi-koperasi. Bekerja bersama dengan Dinas Pariwisata Daerah. 

Harga & Pangsa Pasar Kerajinan Tangan Kerang

Harga nya beragam, dari RP 500, - hingga jutaan. Bergantung ketika pembuatan & tingkat kesulitannya. Misalnya tiruan perahu yang disusun dari beberapa ratus lempeng kulit kerang sepanjang satu bulan. Seharga lima jutaan. 

Gantungan kunci apabila Teman-teman beli lusinan/kodian dapat lebih murah. Lalu kap lampu dihargai lebih mahal lagi, lantaran membutuhkan seribuan lempeng cangkang divariasikan dengan keong kecil. Ditempelkan satu persatu hingga rapi. Harga nya meraih sepuluh jutaan. 

Walau harga nya melambung sesudah di pasarkan, tetapi pangsa pasarnya terang. Lumrah saja apabila selanjutnya kerajinan tangan kerang ini terus dapat berkompetisi & diminati customer di market. Untuk beberapa pembaca juga mampu mengembangkannya juga sebagai satu acara usaha pribadi. 

Apabila berkeinginan untuk jadi biro kerajinan tangan yang unik dari kerang, Teman-teman dapat menghubungi kelompok-kelompok nelayan entrepreneur di Medan, Koperasi Grup Nelayan Gresik Greges Barat, UD Art Shop Mutiara, dan Faiz Shell and Handycraft di Lombok.
Recent Search Term : aneka kerajinan tangan dari kulit kerang cara membuat kerajinan tangan dari kerang laut jual kerajinan tangan dari kerang kerajinan tangan dari kulit kerang

Latest

Blog Archive

Hit Me