Responsive Ad Slot

Entri yang Diunggulkan

Info : Cara Menjadi Pemandu Wisata Yang Baik

Ingin menjadi Pemandu Wisata yang berhasil. , Bekerja di  dalam ruangan, dan duduk berhadapan dengan meja serta tumpukan buku atau pun ber...

Ads Slot

Info : Cara Mudah Pembibitan Jamur Merang

Selasa, 29 September 2015

Jamur merang merupakan jenis jamur yang belakangan banyak dijalankan orang sebagai ladang usaha. Selain mudah dalam proses budidaya ataupun pembibitan jamur merang, undangan jamur ini juga sangat tinggi.

Apalagi jamur merang banyak mengandung gizi & merupakan jenis jamur yang tidak mengandung racun, walau jamur sudah menjelma renta dengan kuncupnya yang sudah mekar membentuk payung.

Di balik tren usaha jamur yang semakin marak, tidak sedikit juga petani atau pelaku bisnis jamur ini yang kecewa dengan hasil panen yang diperolehnya. Selain tidak tumbuh maksimal, kegagalan biasanya ditandai dengan bentuk jamur yang kecil, ataupun serangan basil atau gulma di sekitar media tanam jamur yang memengaruhi kwalitas jamur. Mengakibatkan panen tidak ibarat yang diinginkan, petani pun rugi & mengalami trauma.

Analisa Bisnis Jamur Merang

Salah satu pemicu kegagalan budidaya jamur merang yang biasanya terjadi adalah pada pembibitan jamur merang. Baik alasannya mutunya yang buruk, maupun tidak sesuai dengan habitatnya. Masalah bibit juga sering menjadi pertimbangan paling utama untuk menghitung keuntungan usaha mengingat harga beli bibit yang tidak murah.

Memang akan lebih mudah & cepat dalam budidaya ini jikalau petani membeli bibit yang sudah jadi. Selain tidak repot dengan pembuatan bibit, petani juga dapat menentukan bibit berkwalitas yang di inginkan. Tetapi hukum bisnis terus berlaku, harga bibit berkwalitas biasanya relatif mahal. Sehingga kalkulasi usaha tentu harus sesuai dangan hasil penjualan setelah panen.

Sebetulnya, kita dapat membuat bibit jamur sendiri. Selain tidak sulit, pengalaman dalam membuat bibit sendiri pasti akan menjadi modal berharga untuk menghasilkan bibit yang berkwalitas.

Tidak ada salahnya awal-awal budidaya dari hasil bibit buatan sendiri akan gagal. Tetapi pemahaman & pengetahuan terhadap kebutuhan ataupun habitat jamur ini akan menjadi bekal bernilai untuk menghasilkan bibit jamur yang berkwalitas.

Pembuatan Bibit 

Untuk membuat bibit atau pembibitan jamur merang juga relatif mudah, berikut caranya :
  • Daripada susah mencari jamur indukan, beli saja bibit berkwalitas yang sudah jadi. Tumbuhkan dalam media khusus indukan untuk dijadikan bibit baru. Harus di perhatikan dalam pembuatan media tanamnya usahakan steril & bebas hama dan mengandung kaya nutrient. Bahan nutrient mampu didapat dari sayuran atau kacang-kacangan ataupun daun pisang.
  • Biarkan jamur merang ini tumbuh renta yang ditandai dengan pecahnya selubung & membukanya tudung membentuk payung. Dalam paying inilah spora calon bibit banyak tersimpan. Karena itu apabila di rasa sudah cukup tua, potong bab payungnya saja & kumpulkan dalam sebuah wadah steril.
  • Bersihkan bab payung jamur merang ini dengan air hangat, sekalian untuk membersihkan dari basil atau kuman yang mungkin melekat. Setelah itu buang airnya.
  • Siapkan debu sekam yang sudah disangrai. Lalu campur dengan sekam padi & daun pisang kering yang sudah dipotong-potong. Tambahkan sedikit air bersih (jika mampu airnya dimasak) & aduk hingga mengental. Setelah itu masukkan juga payung dari jamur yang sebelumnya sudah dibersihkan. Aduk lagi hingga agak mengental. Setelah itu biarkan 3 hingga 5 hari.
  • Setelah beberapa hari akan tampak munculnya bibit berbentuk serabut putih. Serabut putih inilah yang mampu di siapkan sebagai bibit yang siap tanam & tahap pembibitan jamur merang sudah selesai. Untuk meningkatkan kwalitas bibit, dapat ditambahkan materi campuran nutrien yang lain selain debu & sekam.

Latest

Blog Archive

Hit Me