Responsive Ad Slot

Entri yang Diunggulkan

Info : Cara Menjadi Pemandu Wisata Yang Baik

Ingin menjadi Pemandu Wisata yang berhasil. , Bekerja di  dalam ruangan, dan duduk berhadapan dengan meja serta tumpukan buku atau pun ber...

Ads Slot

Info : Cara Membuat Bibit Jamur Merang

Selasa, 29 September 2015

Prospek Budidaya Jamur Merang

Sekarang ini sudah banyak rumah makan atau restauran di Indonesia yang menyajikan bermacam jenis makanan yang materi pokoknya memakai jamur merang. Khususnya pada restoran yang dikhususkan bagi penggemar makanan jenis vegetarian. Yakni makanan yang bahannya tidak pernah memakai daging atau ikan & makluk hidup yang lain.

Demikian juga pada tingkat rumah tangga, sudah tidak absurd lagi dengan makanan ini. Maka tidak mengherankan apabila prospek dari budidaya jamur ini sangat bagus. Hal ini dapat membuat banyak orang tertarik untuk memanfaatkannya sebagai lahan usaha baru. Apalagi cara membuat bibit jamur merang juga cukup mudah.

Menurut para pakar kesehatan, jamur merang itu mempunyai banyak manfaat bagi tubuh. Karena selain banyak mengandung serat, mineral dan zat vitamin yang lain, jamur merang juga tidak mengandung kandungan kolesterol & lemak samasekali. Sehingga sangat aman alasannya yaitu tidak akan mengganggu kesehatan jantung & darah tinggi.

Pernyataan ini sudah menjadi iklan gratis yang semakin menaikkan popularitas dari jamur merang. Maka dampak yang muncul yaitu, jamur merang semakin banyak di cari & orang juga semakin tertarik untuk mengetahui cara membuat bibit jamur merang. Karena mereka meyakini apabila sudah mengalami masa panen, maka penjualannya tidak akan sulit.

Cara Membuat Media Untuk Budidaya Jamur Merang

Pertama kalinya yang harus disediakan yaitu jerami yang di campur dengan limbah kapas kemudian di buat kompos. Setelah menjadi kompos lalu di beri kapur & dibasahi dengan air biasa. Apabila basahnya sudah rata, terus ditimbun dan ditutup dengan plastik & diamkan terus hingga lima hari.

Begitu timbunan di buka kembali, materi untuk membuat media ini di beri bekatul & diletakkan pada bedengan selama empat hari. Apabila ingin dipakai media ini perlu ditambah lagi dengan limbah kapas dan beraneka ragam bijian ibarat jagung, beras, kacang hijau, kedelai & lain-lain.

Apabila seluruhnya sudah selesai, langkah setelah itu yaitu meletakan media ini pada rak-rak didalam kumbung, kumbung yaitu nama bangunan yang dipakai untuk membudidayakan jamur merang. Biasanya terbuat dari kayu & bambu. Sedang untuk atapnya mampu memakai plastik yang dilapisi dengan kain atau bambu yang dianyam.

Demikian juga dengan dindingnya. Supaya tidak mudah terserang serangan basil ataupun jamur jenis lain yang merugikan, daerah ini harus disterilkan dahulu. Caranya dengan memberi uap yang panas hingga mencapai 70 derajat selama lima atau tujuh jam. Apabila sudah selesai, maka waktunya untuk melaksanakan pembibitan.

Dalam melaksanakan pembibitan dianjurkan memakai bibit produksi pabrik. Karena untuk membuat bibit sendiri memerlukan ketrampilan sendiri yang tidak setiap orang mampu mengerjakannya. Selain itu biaya yang dibutuhkan untuk membuat bibit sendiri juga mahal, sehingga akan menambah biaya produksi dan memakan waktu yang lebih lama.

Setelah bibit jamur merang di sebar, maka pintu dan jendela kumbung segera ditutup & tidak boleh di buka sebelum mencapai waktu tujuhpuluh dua jam atau tiga hari. Perlu di ketahui, selama proses pembibitan ini, suhu dalam ruangan kumbung harus di atur agar selalu stabil dengan kisaran tigapuluh dua hingga tigapuluh delapan derajat.

Saat pembibitan sudah memasuki hari yang ke delapan hingga dua belas, maka jamur merang sudah mampu dipanen. Mengenai ciri jamur merang yang cantik mutunya yaitu kuncupnya belum terlalu mekar & memiliki bentuk juga masih bundar dan warna dominannya yaitu putih dengan semburat coklat.
Recent Search Term : cara membuat bibit jamur merang media kardus cara membuat bibit jamur merang putih cara membuat bibit jamur merang sendiri

Latest

Blog Archive

Hit Me