Responsive Ad Slot

Entri yang Diunggulkan

Info : Cara Menjadi Pemandu Wisata Yang Baik

Ingin menjadi Pemandu Wisata yang berhasil. , Bekerja di  dalam ruangan, dan duduk berhadapan dengan meja serta tumpukan buku atau pun ber...

Ads Slot

Info : Cara Budidaya Tanaman Jamur Tiram

Senin, 28 September 2015

Tanaman jamur ialah salah satu materi makanan yang sudah tidak abnormal lagi untuk masyarakat Indonesia. Bahkan juga, jadikan jamur sebagai komoditas paling utama dalam satu usaha mampu sangat menjanjikan apabila Teman-teman memang ingin menekuninya dengan serius. Apabila Teman-teman tertarik untuk melaksanakan bisnis jamur, Teman-teman juga harus tahu seluk-beluk cara budidaya tanaman jamur.

Salah satu jenis jamur yang sekarang ini sangatlah disukai oleh banyak orang ialah jamur tiram. Jamur tiram disenangi sebab teksturnya yang lembut, kenyal, & tentu mempunyai kandungan gizi yang tinggi. Maka tidak kagum, sekarang ini banyak orang yang pada hasilnya melirik jamur tiram ini sebagai lahan bisnis yang menarik. Melakukan bisnis jamur tiram memang mampu sangatlah menguntungkan, selain usul pasar yang cukup tinggi, cara budidayanya juga termasuk gampang.

Jamur tiram ini mempunyai ciri fisik yang khas, yakni berwarna putih & mempunyai tudung yang sama ibarat cangkang tiram. Jamur tiram ini hidup ditempat dengan suhu sejuk, sebab itu jamur ibarat ini biasanya diketemukan di hutan pegunungan. Jamur tiram termasuk juga jenis jamur kayu, yakni jamur yang akan tumbuh di batang pohon atau batang kayu yang lapuk.

Nah, dari beberapa ciri atau karakteristik jamur tiram diatas, Teman-teman tentu sudah mampu mengira-ngira apa yang harus disiapkan apabila ingin membudidayakan jamur tiram itu. Untuk lebih detilnya, dibawah ini akan di jabarkan selanjutnya mengenai cara budidayanya.

Persiapan Budidaya Tanaman Jamur Tiram 

Hal pertama yang harus disediakan ialah ladang berbentuk ruang untuk budidaya jamur. Teman-teman harus mempunyai rumah jamur atau yang sering disebut kumbung. Kumbung biasanya di berdiri dengan kayu/bambu dengan dinding anyaman bambu (gedék), hal semacam ini bermanfaat untuk mendukung kebutuhan suhu & kelembapan udara bagi jamur tiram yang dibudidayakan. Kumbung sendiri baiknya terbagi dalam beberapa ruang.

1. Ruang Inokulasi

Ruang ini fungsinya untuk melaksanakan aktivitas penanaman atau memasukkan bibit jamur tiram pada media tanam yang sudah disediakan. Kenapa penanaman bibit ini memerlukan ruang khusus? Karena dalam sistem ini baik bibit mau pun media tanam harus dalam keadaan yang cukup steril & bersih. Karena itu, ruangan inokulasi ini harus bersih, dan bebas dari kerancuan mikroorganisme lain yang mampu mengganggu pertumbuhan jamur tiram.

2. Ruang Inkubasi 

Ruang ini fungsinya sebagai daerah pertumbuhan jamur-jamur tiram sesudah diinokulasi. Ruang ini baiknya minim cahaya (namun tidak gelap), mempunyai suhu 22-28°C & kelembapan sekitar 60-80%. Pada step inkubasi ini, diinginkan miselium jamur mampu tumbuh dengan baik & merata.

3. Ruang Produksi/Ruangan Pembesaran Bibit 

Ruangan produksi ini ialah daerah bagi bibit-bibit jamur yang sudah lewat tahap inkubasi & daerah menumbuhkan jamur hingga jamur jadi membesar (dewasa/siap panen). Ruang ini harus mempunyai suhu 16-22°C dengan kelembapan sekitar 80-90%.

Selain menyiapkan kumbung, siapkan juga rak-rak untuk penempatan media diisi bibit jamur. Rak-rak ini mampu terbuat dari bambu atau kayu.

Alat & Bahan Budidaya Tanaman Jamur Tiram


Apabila Teman-teman telah mempersiapkan rumah jamur atau kumbung sesuai sama kriteria, di bawah ini ialah sebagian alat & materi yang wajib Teman-teman buat persiapan untuk budidaya jamur tiram. 

Alat : 

 Kantong plastik untuk media tanam 
 Karet gelang untuk mengikat 
 Sekop, baik sekop besar ataupun sekop kecil 
 Cincin paralon/pipa 
 Kapas 
 Drum yang dimodifikasi layaknya dandang/kukusan 
 Karung 

Bahan : 

 Bibit jamur tiram dengan kwalitas bagus. 
 Serbuk kayu untuk media tanam 
 Bekatul 
 Kapur (CaCo3) 
 Pupuk TSP 
 Air

Sistem Budidaya Tanaman Jamur Tiram

Sekarang mari kita mengambil langkah ke proses budidaya jamur tiram. Proses ini sendiri bersama-sama tidak terlampau susah, namun masih tetap diharapkan ketekunan & kecermatan biar menghasilkan jamur tiram yang bagus ketika panen tiba.

Pembuatan media tanam : 

  1. Campur materi media tanam ibarat serbuk kayu, bekatul, kapur, pupuk TSP dengan perbandingan 100 : 15 : 4 : 1% 
  2. Remas materi media tanam untuk tahu kandungan air. Media yang baik ialah media tanam yang masih tetap menggumpal & air tidak menetes ketika sudah diremas. 
  3. Media tanam difermentasi dengan cara dimasukkan ke karung.
  4. Kombinasi media tanam itu lalu dimasukkan ke kantong plastik hingga penuh, jangan lupa padatkan
  5. Masukkan cincin paralon pada ujung kantong plastik & sumbat dengan kapas seperlunya, kemudian gres diikat dengan karet gelang. Media tanam ibarat ini dapat sering disebut dengan baglog. Apabila Teman-teman sangat pemula dalam budidaya jamur ini & kesusahan membuat media tanam ibarat ini, Teman-teman mampu membeli baglog siap gunakan. 
  6. tahap selanjutnya ialah sterilisasi media. Masukkan air dalam drum yang sudah dimodifikasi ibarat dandang, masukkan media, lalu panaskan diatas api selama sekitar 8 jam. Selain dengan drum, sterilisasi mampu memakai autoclave yang mampu mengonsumsi ketika sterilisasi yang jauh lebih singkat.

Produksi jamur : 

  1. Masukkan atau tanam bibit jamur pada media yang telah disediakan. Janganlah lupa untuk memakai peralatan yang senantiasa steril.
  2. Selekasnya tutup kembali lubang baglog dengan kapas & ikat dengan karet gelang.
  3. Tempatkan baglog di ruangan inkubasi hingga miselium tumbuh rata dengan baik. Biasanya, perkembangan miselium ini mengonsumsi ketika seputar 45-60 hari.
  4. Sesudah miselium jamur tumbuh rata, pindahkan baglog ke ruangan produksi & buka penutup media (kapas). Semprot dengan air seputar 2-3 kali satu hari & kerjakan dengan teratur sehari-hari.
  5. Lebih kurang 2 ahad kemudian, jamur tiram telah siap untuk dipanen.

Pasca Panen Jamur Tiram

Cara budidaya jamur tiram memang berkesan gampang tetapi perlu kecermatan tinggi biar hasil panen mempunyai kwalitas yang bagus. Tetapi, faktor yang tidak kalah utama dalam menghasilkan jamur tiram berkwalitas tinggi bukanlah hanya pada proses produksi jamur tiram saja. Perlakuan pascapanen juga mempunyai tugas yang cukup utama biar kwalitas jamur terbangun & mampu laris di pasaran.

1. Pembersihan

Sesudah jamur tiram dipanen, cara pembersihan harus segera dilakukan. Cuci jamur tiram dengan air bersih & segar.

2. Penyortiran

Jamur yang sudah dibersihkan lalu disortir berdasar pada ukuran & juga memiliki bentuk, sehingga nanti konsumen memperoleh jamur tiram dengan ukuran atau bentuk yang seragam.

3. Pengemasan 

Jamur yang siap dipasarkan sebaiknya dikemas dalam plastik kedap udara, sehingga kualitas jamur pun mampu bertahan lebih lama.

4. Transportasi

Biasanya, kesejukan jamur tidak bertahan lama. Dikemas dalam plastik kedap udara juga biasanya hanya bertahan selama sekitar 3-5 hari saja. Maka dari itu baiknya jamur yang sudah dikemas baiknya segera di pasarkan & diangkut ke wilayah-wilayah yang memerlukan.

Apabila lokasi pasar cukup jauh dari daerah produksi, baiknya transportasi barang jamur tiram ini dilengkapi dengan pendingin sehingga kesejukan jamur mampu lebih awet.

Sekianlah cara budidaya tanaman jamur. Mudah-mudahan informasinya memiliki kegunaan bagi para pembaca.

Recent Search Term : alamat budidaya jamur tiram analisa budidaya jamur tiram budidaya jamur tiram bagi pemula budidaya jamur tiram dengan media ampas tebu budidaya jamur tiram dengan media serbuk gergaji budidaya jamur tiram dengan produk nasa budidaya jamur tiram dengan pupuk nasa budidaya jamur tiram dengan serbuk gergaji budidaya jamur tiram di lahan sempit budidaya jamur tiram di rumah budidaya jamur tiram putih budidaya jamur tiram rumahan budidaya jamur tiram secara organik budidaya jamur tiram secara sederhana budidaya jamur tiram secara tradisional budidaya jamur tiram skala kecil budidaya jamur tiram skala rumah tangga budidaya jamur tiram untuk pemula budidaya jamur tiram video cara budidaya jamur tiram lengkap

Latest

Blog Archive

Hit Me