Responsive Ad Slot

Entri yang Diunggulkan

Info : Cara Menjadi Pemandu Wisata Yang Baik

Ingin menjadi Pemandu Wisata yang berhasil. , Bekerja di  dalam ruangan, dan duduk berhadapan dengan meja serta tumpukan buku atau pun ber...

Ads Slot

Info : Cara Budidaya Jamur Merang dan Prospek Bisnisnya

Selasa, 29 September 2015

Teman-teman pasti sudah tidak gila dengan cara budidaya jamur merang, bukan? Sekarang ini minat masyarakat mulai meningkat pada konsumsi jamur, satu diantaranya yang jadi favorite adalah jamur merang. Maka tidak heran apabila peluang usaha budidaya jamur merang jadi salah satu peluang bisnis yang cukup bagus.

Selain sebab jamur merang enak dikonsumsi, kandungan mineral dalam jamur juga sangat tinggi bahkan juga menaklukkan daging sapi & kambing. Selain itu, jamur merang memiliki segudang manfaat yang cukup menguntungkan.

Untuk itulah menjalankan usaha jamur merang dapat jadi pilihan yang cukup menarik bagi para pelaku bisnis. Menekuni bisnis jamur merang memang sangat menguntungkan. Selain itu, Teman-teman juga dapat menekuni cara budidaya jamur merang untuk melipat gandakan keuntungan.

Perkembangan tehnologi budidaya jamur merang akan semakin memudahkan Teman-teman dalam menjalani agrobisnis ini. Terlebih, jamur merang merupakan salah satu jamur yang jadi favorite banyak orang. Intinya di kawasang Asia Tenggara. Di indonesia sendiri, masyarakat sudah sangat kenal jamur merang dengan baik.

Biasanya jamur merang (volvariella volvacea) banyak dibudidayakan di pedesaan & tumbuh subur disana. Hal semacam ini sudah pasti sesuai dengan habitat jamur merang yang dapat tumbuh di tumpukan jerami atau biasa disebut oleh masyarakat kita sebagai merang, ketika panen mendekati. Mengingat cara budidaya jamur merang yang cukup mudah dan terasa yang sudah dekat di pengecap masyarakat, maka peluang usaha jamur merang dapat jadi suatu alternatif yang menguntungkan bagi Teman-teman.


Konsumen Usaha Jamur Merang 

Jamur merang adalah salah satu jenis jamur yang paling popular di masyarakat. Terasa yang ibarat dengan daging dan dapat dimasak dalam beragam olahan menimbulkan jamur merang merupakan salah satu barang unggulan agribisnis. Oleh sebab itu, membidik konsumen yang sesuai untuk usaha budidaya jamur merang merupakan hal paling utama yang perlu Teman-teman lakukan dikala sebelum menerjuni usaha ini.

Seperti membidik pebisnis masakan yang ada di masyarakat. Jamur merang biasanya dapat dikonsumsi dalam beragam olahan masakan bakso jamur, cap jay jamur, mie ayam jamur, & lain-lain. Membidik para pebisnis masakan merupakan salah satu trik sempurna dalam mengembanngkan usaha jamur merang.

Cara Budidaya Jamur Merang 

Tidak perlu merogoh kocek teralalu dalam untuk membudidayakan jamur merang. Dengan modal minim juga Teman-teman dapat meningkatkan budidaya jamur merang secara profesional.

Pada intinya menekuni cara budidaya jamur merang hanya memerlukan kecermatan, ketekunan, seni berjuang, pengetahuan perihal dunia jamur. Tidak lupa juga profesionalitas Teman-teman sebagai petani jamur.

Dengan demikian, siaplah Teman-teman sebagai perati jamur merang. Untuk mengawalinya, budidaya jamur merang skala rumah tangga saja rasanya sudah cukup mewakili untuk memulai terjun dalam usaha budidaya jamur merang.

Saat sebelum Teman-teman memulai untuk menyiapkan cara budidaya jamur merang, beberapa hal perlu Teman-teman perhatikan ibarat dibawah ini.
  1. Buat persiapan bibit jamur yang baik. Untuk pilih bibit jamur merang yang unggul, banyak hal sebaiknya Teman-teman amati. Salah satunya adalah berikut ini.
  2. Pastikan bibit dalam kelompok F3. Teman-teman juga dapat pilih bibit jamur merang dengan BER (jumlah berat jamur dibanding media tanam jamur). Untuk jamur merang BER yang ideal adalah seputar 30 hingga 35 %. 
  3. Pastikan bibit jamur merang yang memiliki miselium tak terlampau padat & mampu tumbuh rata ke semua medium tanam jamur. 
  4. Amati dikala kadaluarsa dari bibit jamur merang. Ini adalah salah satu kunci langkah budidaya jamur merang yang ekonomis & praktis. 
  5. Carilah suplier jamur yang jujur & mampu Teman-teman andalkan dengan baik. Hal semacam ini bakal menghindari Teman-teman dari beragam type penipuan yang marak sekarang ini. 
  6. Trick melindungi & menjaga kwalitas bibit jamur merang diantaranya : 
  • Cocokkan suhu yang diharapkan oleh budidaya jamur merang dengan cara baik & profesional. Melindungi suhu & kelembaban bakal bikin bibit jamur jadi lebih infinit & baik. 
  • Jagalah biar bibit jamur senantiasa dalam situasi baik & tak terserang kerancuan mikroorganisme lain. 
  • Yakinkan bahwa ketika Teman-teman lakukan pembibitan & penanaman, lingkungan dalam situasi steril dari mikroorganisme yang lain. 
  • Buat persiapan media tanam jamur merang dengan baik. Jamur merang umumnya tumbuh pada media yang alami pelapukan layaknya jerami, kardus, limbah penggilingan panen padi, limbah pada pabrik kertas, gergaji kayu, ampas sagu, & limbah kelapa sawit. Media tanam jamur merang yang seringkali dipakai oleh petani jamur adalah kombinasi pada jerami & kapas dengan perbandingan (50 banding 50), kapur tani (2, 2 %), urea (1, 1 %), dan bekatul (2, 1 %). 
  • Kerjakan fermentasi media tanam dengan jeli. Beberapa hal utama yang butuh Teman-teman kerjakan adalah ibarat berikut ini :
  1. Potonglah jerami (juga sebagai media tanam) dengan panjang 10 hingga 15 cm. lantas campur & rendam di air, sepanjang lebih kurang 24 jam. Lalu tiriskan.
  2. Lalu timbunlah media tanam jerami tadi diatas lantai dengan ukuran yang sesuai sama seputar 2x2x2 m, diamkanlah hingga 4-6 hari. Tiap-tiap dua hari Teman-teman wajib mengecek situasi media tanam ini & membolak-baliknya dengan jeli. Imbuhkan dedak seputar 11 %, superpospat 2 %, & 1, 2 % kapur pertanian. 
  3. Selanjutnya adalah adegan sterilisasi. Kerjakanlah lewat cara memasukkan media tanam pada rack & ratakan dengan baik, lalu siapkanlah kumbung jamur. Simpanlah rack & media tanam tadi dalam kumbung jamur. Lalu buat biar ketebalan media tanam seputar 15 hingga 20 cm. Tutup dengan cara rapat kumbung jamur ini, lantas aliri dengan uap yang panas hingga 2 hingga 4 jam. Diamkan kumbung sepanjang 24 jam hingga suhu dalam kumbung turun hingga 33 hingga 35 derajat celcius.
  4. Kerjakan penanaman bibit jamur dengan cara jeli & cermat. Sebarlah bibit jamur merang 10 hingga 14 botol dengan isi memiliki ukuran seputar 220 cc ke atas media tanam.
  5. Sistem inkubasi yang berlangsung dalam kumbung jamur idealnya bakal memerlukan suhu seputar 33 hingga 34 derajat celcius. Dengan kelembaban seputar 65 %, & sinar lampu seputar 60 watt. Supaya misselium mampu tumbuh dengan cepat jadi kumbung jamur butuh Teman-teman tutup sepanjang 3 hingga 4 hari. Sesudah 5 hingga 8 hari jadi bakal tumbuh primordia jamur & siap untuk dipanen sesudah 8 hingga 12 hari. 

Keuntungan Bisnis Budidaya Jamur Merang


Usaha budidaya jamur merang sangat menguntungkan. Terlebih apabila Teman-teman pandai membidik market pasar yang perlu Teman-teman maksimalkan dengan baik, ibarat para pelaku usaha kuliner, supermarket, para pelaku usaha penganan ringan & lain-lain. Selain itu, harga jamur merang di pasaran cenderung stabil & tidak fluktuatif. 

Dengan demikian, Teman-teman tidak perlu ragu untuk memulai usaha jamur merang ini sekarang juga. Lagipula untuk memulai usaha & budidaya jamur merang Teman-teman tidaklah membutuhkan modal besar. Hal semacam ini akan memudahkan Teman-teman dalam memulai usaha secara profesional.

Strategi Cara Pemasaran Usaha Jamur Merang 

Selain mendalami cara budidaya jamur merang secara profesional & baik. Sebagai petani & pelaku bisnis jamur, maka Teman-teman perlu tahu taktik pemasaran yang mampu dilakukan. Teman-teman dapat memasarkan jamur merang kemasan di pasar tradisional. Sekarang ini kisaran harga jamur merang sekitar Rp 11. 000 hingga Rp 14. 000/kg.

Hal semacam ini berbeda apabila Teman-teman dapat menembus supermarket maka jamur merang akan dihargai lebik baik lagi. Hal penting yang perlu Teman-teman siapakan apabila ingin memasuki pemasaran supermarket adalah Teman-teman sebaiknya sediakan cup yang di isi air sehingga jamur merang terus dalam situasi yang segar.

Selain itu, usaha budidaya jamur merang dapat Teman-teman kembangkan dengan membuka bermacam kursus cara budidaya jamur merang, atau mampu dengan juga meningkatkan paket wisata budidaya jamur merang secara profesional. Jadi, mengetahui & menguasai cara budidaya jamur merang ternyata dapat membuka lini bisnis di beberapa bidang. Nah, Teman-teman siap untuk sukses?
Recent Search Term : alamat budidaya jamur merang analisa usaha budidaya jamur merang budidaya jamur merang dalam kardus budidaya jamur merang media ampas tebu budidaya jamur merang media baglog budidaya jamur merang media jerami budidaya jamur merang media kardus budidaya jamur merang skala rumahan

Latest

Blog Archive

Hit Me