Responsive Ad Slot

Entri yang Diunggulkan

Info : Cara Menjadi Pemandu Wisata Yang Baik

Ingin menjadi Pemandu Wisata yang berhasil. , Bekerja di  dalam ruangan, dan duduk berhadapan dengan meja serta tumpukan buku atau pun ber...

Ads Slot

Info : Budidaya Jamur Tiram Bagi Pemula

Selasa, 29 September 2015

Orang yang pemula perihal tehnik budidaya jamur tiram pasti berpikiran salah satu acara wirausaha ini susah dilakukan. Memang, sepintas kelihatannya acara ini sulit apabila tidak betul-betul cermat & serius dalam mempelajarinya. Tetapi, apabila sudah tahu maka semuanya akan menjadi mudah.

Media Tanam Jamur Tiram

Untuk petani pemula, baiknya membeli media tanam yang sudah rapi dikemas dalam plastik atau polybag berbentuk botol. Ada beberapa orang petani yang memang menspesialisasikan diri untuk menghasilkan media tanam jamur tiram untuk memudahkan para petani pemula. 


Isi polybag tersebut yaitu bekas gergajian kayu yang berbentuk serbuk, di campur dengan beberapa materi penyubur biar jamur dapat tumbuh subur. Lalu disterilisasi dalam tabung yang bersuhu tinggi biar semua basil & kuman yang dapat mengganggu pertumbuhan jamur tiram mati.

Harga sebuah kantung polybag berisi media tanam jamur cukup murah. Sekitar Rp. 3.500, - saja per kantungnya. Tidak akan terlalu menyedot modal besar bagi petani pemula, sehingga tidak perlu khawatir untuk memulai usaha ini.

Melindungi Suhu

Yang paling penting di perhatikan dalam tehnik budidaya jamur tiram yaitu, bahwa jamur hanya tumbuh subur di suhu tertentu & kelembapan tertentu saja. Sehingga petani harus rajin menengok ruangan daerah media tanam ditempatkan untuk mengecek suhu & kelembabannya.

Perlu suhu antara 16 - 22 derajat Celsius untuk membuat jamur tiram subur. Apabila suhu dalam ruang mulai meningkat lebih dari 25 derajat Celcius, maka baiknya dilakukan penyemprotan air untuk menurunkan suhu ruang.

Kelembapan ruangan tanam juga baiknya konstan di antara 60 - 80 %. Jangan lebih atau kurang. Juga, hindari derma ventilasi yang terlalu banyak dalam ruang penanaman. Aliran udara yang terlalu lebar dapat membawa masuk mikroba yang ada di udara luar, sehingga membuat pertumbuhan jamur tiram terganggu.

Sabar & Tekun 

Kunci sukses dari penerapan tehnik budidaya jamur tiram ini yaitu tabah & telaten. Setiap usaha pasti akan menemui kendala & halangan, sehingga kesabaran & ketekunan merupakan satu hal yang mutlak.

Jangan ragu untuk bertanya pada ahlinya, alasannya yaitu berguru dari pengalaman orang lain merupakan hal yang bijaksana.
Recent Search Term : ####

Latest

Blog Archive

Hit Me